Pengajian onlen

Baru saja pulang dari pengajian onlen yang sudah beberapa kali diadakan

Saat ini yang datang ada saya, rozy, mofied dan tuan rumah annas

Ini acara non formal tetapi menjadi sangat ditunggu-tunggu sama “member-nya” karena setelah selesai pengajian biasanya dilanjut praktek di tempat masing-masing dan akan dibahas di pengajian berikutnya

Malam itu yang dibahas adalah bisnis masing-masing yang beragam, ada kostum bola, Information Technologi, pembasmi rayap, bisnis sulap, sandal, lamandel, tupperware dan Tahitian Noni

Diskusi lebih banyak fokus ke pembahasan masing-masing akun adwords dan analytics

Ada banyak materi yang muncul setelah terjadi diskusi dan kebetulan memang semuanya sudah memasang adwords dan analytics jadi lebih gampang nyambunginnya

Fitur analytics seperti page analytics ternyata bisa membuat rozy dan mofied harus putar otak untuk merubah alur websitenya karena setelah di lihat website-nya ternyata sangat “acak-acakan”

Saat itu saya kasih contoh di http://prakom.com yang sudah saya tata rapi berdasar trafic adwords dan analisa situs dalam beberapa hari yang berefek ke peningkatan penjualan

Parameter untuk menentukannya bisa dilihat berdasar keywords, prosentase klik di menu, hyperlink di landing page dan yang terpenting adalah kita harus segera merubah jika memang tidak efektif atau ada banyak “sampah” yang muncul di landing page kita yang bisa membuat bingung pengunjung

Fitur Goals juga menjadi menarik karena kita bisa menentukan seberapa efektif menu dan landing page yang telah kita pasang

Biasanya ini dipasang di menu pemesanan, produk dll yang berguna untuk menentukan seberapa besar investasi yang telah kita tanamkan di adwords dibandingkan jumlah klik yang masuk

Google juga menutup beberapa keywords yang kayaknya potensial jika kita menggunakan organic atau SEO dan kita diarahkan untuk menggunakan yang berbayar (PAID) karena semua info jelas terbaca
0.
Setelah dilihat tsebetulnya dari segi bisnis semuanyap masih oke, masih bisa berjalan normal bahkan ada web salah satu member yang mempunyai pengunjung ribuan tetapi belum optimal dalam hal konversi prospek menjadi lead atau customer

Antara online dan offline harus jalan beriringan dan kita harus bisa membaca trend masing-masing agar penerapannya bisa lebih maksimal

Contoh simple, jika ada salah satu keyword misal kaos yang banyak masuk ke adwords lalu dilihat di analytics ternyata dia juga meng-klik halaman yang berhubungan dengan kaos maka produk kaos harus kita kuatkan secara offline dengan catatan calon client juga menghubungi kita via email atau telpon

Sangat banyak sekali yang bisa di sharing saat pengajian dan PR selanjutnya adalah merapikan terhadap system bisnis yang ada

Acara yang dimulai pukul 19.30 akhirnya harus berakhir pukul 22.30 karena sudah sangat capek banget setelah seharian beraktifitas dan ditambah “beban” otak untuk menerima perubahan di onlen

Materi pengajian onlen berikutnya biasanya tidak akan beda jauh dari materi sekarang tetapi akan lebih kaya karena sudah di praktekkan

Salam sukses dunia akherat,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: