Modal Obeng, Rawi Wahyudiono Sukses Menjadi Pengusaha

Mas Rawi dan Hermawan Kertajaya

Malam ini, Selasa, 22 Maret 2011 saya mengundang mas Rawi, salah seorang blogger ,dan juga kompasiener yang telah menjadi seorang pengusaha sukses dalam mata kuliah yang saya ampu. Mas Rawi, yang bernama lengkap Rawi Wahyudiono adalah seorang figur pengusaha yang ulet. Malam ini, beliau memberikan berbagai pengalamannya kepada para mahasiswa saya yang mengambil mata kuliah hukum bisnis di STMIK Muhammadiyah Jakarta. 13008099631841850848

Mahasiswa STMIK Muhammadiyah Jkt dan Mas rawi

Mas Rawi adalah Pemenang  Blogpreneur Award dalam pesta Wirausaha 2010. Beliau terpilih menjadi salah satu pengusaha dengan perjalanan bisnis terbaik. Tak salah bila beliau mendapatkan penghargaan UKM Award. Foto-foto penghargaan itu dapat kita lihat di blog pribadi beliau di https://rawiwahyudiono.wordpress.com/.

Pada malam ini, Mas Rawi membagi ilmu bisnis beliau kepada beberapa mahasiswa saya yang hadir. Beliau banyak bercerita tentang jatuh bangunnya bisnis beliau. Memotivasi para mahasiswa untuk berani mencoba dalam bisnis, dan jangan takut gagal. Beliau bercerita bahwa modal beliau ke jakarta dari Surabaya adalah Obeng. Dengan obeng itulah beliau mampu menservice komputer-komputer yang rusak.

Lulusan sarjana ilmu komputer ini akhirnya membuka usaha komputer dengan nama Prakom, dan memiliki web di http://prakom.com/. Beliau banyak memberikan tips sukses menjadi seorang pengusaha, dan bagaimana berbisnis tanpa modal. Bagi beliau, bisnis adalah berjualan atau dagang. Jadi bisnis itu harus praktek langsung, dan jangan berhenti berdagang kalau belum mendapatkan keuntungan. Jangan pernah berhenti berdagang, sebab bila berhenti akan rudi. begitulah beliau memberikan wejangan kepada 5 orang mahasiswa yang hadir.

Menjadi seorang bisnismen pastilah mengalami kendala, dan tantangan yang tidak ringan. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus mampu mengelola keuangannya dengan baik. mereka harus mampu menginvestasikan uang yang didapat dari keuntungan. Pebisnis, sebaiknya bertemu dengan pebisnis akan ketularan sukses dengan pebisnis lainnya.

Bila ingin berbisnis tanpa modal, jadilah calo. Menurut beliau menjadi calo itu tanpa modal. Misalnya, ada orang yang butuh temapt, maka kita carikan tempat. Mereka yang butuh tanah kita carikan tanah yang mau dijual.

13008120841256646019

Mas Rawi mengatakan, “dari karyawan menjadi wirausahawan pastilah ada gejolak”. Gejolak inilah yang harus dinikmati sebagi seorang pebisnis. maju terus pantang mundur, dan tak pernah berhenti untuk mencoba. kalau gagal lekas bangkit dan cari akal. jangan takut dengan kegagalan, dan mau mencoba. Beliaupun memberikan tips atau rahasia mengatasi rasa takut dalam berbisnis.

Bila usaha kita merugi, atau kita mendapatkan untung, tetap ingatlah selalu kepda Allah, dan jangan lupa untuk bersedekah. Sebab dalam harta kita ada rezeki orang miskin dan anak yatim. Lakukan sholat dhuha atau tahajud untuk mendapatkan pertolongan Allah bila usaha kita belum menguntungkan. Namun demikian jangan lupa bersyukur kepada Allah bila usaha kita menguntungkan.

Banyak orang yang bingung, dan takut menjadi pebisnis atau pengusaha. Cara mengatasi ketakutan itu adalah berani action atau mencoba dan terus mencoba. Jangan pernah berputus asa, dan ingatlah Allah pasti akan menolong hambaNya yang berserah diri. Jangan pernah lepas dari yang namanya DOA.

Banyak hal yang ditanyakan oleh para mahasiswa STMIK Muhammadiyah kepada mas Rawi, dan semua itu dijawab dengan baik oleh beliau. Intinya jangan terpaku kepada modal, tapi mulailah usaha tanpa modal. Perlu kesabaran yang tinggi dalam membangun usaha. Kalau belum punya modal untuk usaha, kita harus jualan. Jualan apa saja asalkan halal. Sebab kita akan mampu menjadi seorang pebisnis, bila kita telah bisa berjualan dengan baik. Mulailah dari jualan yang tak membutuhkan modal besar.

Mas  Rawi juga memberikan tips, bila ingin berjualan kuliner. usahakan posisinya di sebelah kiri, dan arus orang pulang kantor. Biasanya usaha seperti itu akan cepat lakunya. Sebab kendaraan motor berada di posisi kiri, tentu akan menyusahkan pengemudi bila posisinya ada di kanan. Pengemudi harus berbelok kanan dan melawan arus.

Bagi Mas Rawi, “…bisnis tanpa investasi atau investasi tanpa bisnis seperti pohon bambu yang kuat di luar tetapi kosong di dalam…”

Investasi di bagi dalam beberapa macam seperti :

  1. Emas
  2. Property
  3. Keuangan
  4. Waralaba

Sebaiknya pendapatan dari bisnis harus dimasukkan ke dalam 4 bentuk investasi tadi. Hal ini berguna untuk menjaga kekayaan dan mempercepat kekayaan. Masing-masing investasi diatas mempunyai sifat sendiri-sendiri, seperti contoh : Emas, Logam mulia ini tidak bisa menciptakan arus kas tetapi bisa tetap membikin kita kaya. Olah dengan bijak emas maka akan bisa mempercepat bisnis yang sudah berjalan. Emas sudah teruji selama ribuan tahun

Property, jika kita bisa tepat mempergunakannya maka property akan menjadi modal mendapatkan dana dari bank dan juga bisa menciptakan arus kas bulanan

Surat berharga, ada banyak bentuknya seperti obligasi, sukuk, reksadana, saham dan sejenisnya. Untuk investasi di surat berharga dibutuhkan keahlian lebih dibanding investasi yang lain tetapi surat berharga ini bisa melejit dengan cepat jika kita bisa mengolahnya dan bisa juga sebaliknya, turun dengan cepat dan membuat kita bangkrut

Waralaba, khusus untuk waralaba lebih baik diambil yang murni mempunyai sistem investor, artinya kita sebagai owner hanya cukup menerima transfer dana dan laporan keuangan setiap bulan. Tetapi jika menginginkan pengelolaan langsung dari kita itu juga bagus dan yang jelas dengan mempunyai waralaba maka arus kas kita bisa lancar

Tetapi harus ada yang diingat sebelum kita melakukan investasi yaitu soal BISNIS. Kita harus mempunyai bisnis yang sudah berjalan menguntungkan terlebih dahulu sebelum terjun ke investasi karena uang yang akan di putar semuanya bersumber dari bisnis, dari hasil margin penjualan.

Tetapi ada cara lain juga bagi mereka yang tidak punya bisnis atau yang tidak mempunyai dana cukup atau yang masih mengandalkan gaji bulanan alias karyawan yaitu HARUS MENAHAN KEINGINAN…!!!

“Kencangkan ikat pinggang”, banyakin tirakat untuk berinvestasi karena uang investasi harus dipotong dari gaji bulanan dan berita baiknya adalah bisa segera “melonggarkan ikat pinggang” dengan cepat apabila investasi yang diambil benar-benar tepat. Jadi kalau ingin berinvestasi harus dilakukan SAAT INI JUGA tanpa perlu menunggu esok hari karena hasil investasi selalu diatas nilai inflasi yang sekitar 9%-10%. Salam sukses dunia akherat, itulah yang menjadi motto mas Rawi.

Salam Blogger Persahabatan

Omjay

 

*sumber dituliskan oleh Wijaya kusumah atau akrab dipanggil Omjay yang bersumber dari Kompasiana http://ekonomi.kompasiana.com/wirausaha/2011/03/22/modal-obeng-rawi-wahyudiono-sukses-menjadi-pengusaha/


Salam sukses dunia akherat,

Rawi wahyudiono

5 Comments (+add yours?)

  1. rahman wilda
    Mar 31, 2011 @ 06:15:40

    pak terima kasih atas kiat -2 nya walaupun sampai sekarang belum juga dapet tempat yang pas modal dah mau habis tapi memang ujian nya seperti ini ya pak,,,,,Stmikmj 2011

    Reply

  2. Ridwan
    Nov 03, 2011 @ 22:46:22

    thanks very much for your advice…!!!
    that give me a new spirit for action in business…

    Reply

  3. Dhito
    Nov 14, 2011 @ 03:53:04

    Mantab Mas Rawi. Pengusaha yang juga hobi membagi ilmu. perpaduan yang sangat unik.

    Reply

  4. ratna
    Mar 01, 2012 @ 14:25:25

    thanks for share. like this !

    Reply

  5. mibapetteBift
    Aug 23, 2013 @ 02:50:36

    midway on the season the cardinals acquired lou brock in the chicago pups

    I can’t. Can not. To me, that movie is leagues more terrifying than Jaws. : , Leather Settee Couch Desk chair Car Seat Pit Repair Patch TEAR45. : , Purple Rubber Soft Epidermis Gel Scenario Cover for Samsung84. : , Just one Spool associated with 25 yards Satin together with Sheer Organza Edged 1.5″47.

    Ben Roethlisberger is really focused on your superbowl. So concentrated he asked Jerome Bettis to propstpone his / her retirement another year. Which means you year needs to be the year people win. Les Cappetta, President and CEO associated with SSP America, said, “For a city as enthusiastic about sports as Big apple, we chose to combine SSP’s passion for food using this city’s adoration for sports along with deliver a activities bar concept in keeping with recent times. Kept most of the fun plus highdrama energy with the sports watering hole experience in addition to added in your discerning highlites and high high quality food choices which travelers are now seeking. Tend to be delighted to yet again be integrating with JFK IAT to take the new Ground Club product to our travellers and continue to lift the way guests eat, consume and enjoy their time in the airport.Inches.

    Now, I do know that all person remember not too long ago, when I done my group (laughter) I picked out North Carolina to win all this. It wasn’t anything personal. (Laughing out loud.) Just trying to win some cash. Jack White colored is a throwback to rock celebrities of ancient. He’s a journeyman with a handful of innovative companies and side projects with his application: The White colored Stripes, A Raconteurs, The Expended Weather, the Third Guy Records ingredients label, and developing for the prefers of country legends Loretta Louise and Amanda Jackson. You may call him an advanced Eric Clapton with the addition of a progressive music business good sense.

    custom NBA jerseys from china

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: