Yang penting Fokus dan Nekat…… titik

UKM Award 2010

juara UKM Entrepeneur Award kategori Creativity Bisnis 2010

Akhir-akhir ini saya sangat terinspirasi dengan cerita-cerita wayang dan buku-buku tentang sejarah kebesaran nenek moyang kita, salah satunya yang menjadi inspirasi saya adalah mahapatih Gajah mada, seorang patih besar dari kerajaan Majapahit yang  kebetulan satu lokasi dengan saya di jawa timur Cuma beda jaman aja.

Dulu, dulu…….. banget, kita pernah mempunyai seseorang  yang sangat visioner yaitu mahapatih Gajah Mada yang demi mewujudkan cita-citanya menyatukan nusantara, beliau mengucap sumpah sakti hamukti palapa (amukti palopo) yang berarti sumpah tidak akan menikmati kesenangan duniawi apabila belum bisa mempersatukan nusantara.

Kisah ini sangat mengilhami perjalanan bisnis saya yang saya beri nama PRAKOM dan saya sampaikan juga kekaguman saya kepada maha patih Gajah Mada dihadapan dewan juri yang menilai saya sewaktu wawancara untuk penganugerahan UKM Entrepeneur Award yang berujung dengan diganjarnya PRAKOM dengan UKM Entrepreneur Award kategori Creativity Bisnis 2010.

Sandiaga Uno dan Rawi

Bersama wakil ketua umum KADIN bidang usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi Bp. Sandiaga S Uno

Ada sesi Tanya jawab yang menurut saya menarik untuk dibagi, begini ceritanya,

Juri, “Bagaimana mengenai rencana kedepan dengan bisnis PRAKOM..?”

Saya,”….saya akan membuka beberapa perwakilan atau kantor cabang atau service center atau apapun namanya di setiap perkotaan yang ada di seluruh Indonesia dan saat ini sayapun juga sudah melakukannya dengan membuka di beberapa tempat seperti di Gombong, Solo, Surabaya, Denpasar, Mataram, Makassar dan Bekasi sebagai kantor pusat. Sebentar lagi saya akan buka juga di sekitar kota Bogor, Jakarta untuk memperluas pasar.

“Saya bermimpi suatu saat, paling lama 2 tahun dari sekarang, PRAKOM sudah bisa membuka cabang di Singapura atau Malaysia atau negara Asia lainnya, saya yakin bisa karena dulupun leluhur saya mahapatih Gajah Mada juga bisa melakukannya,” kataku melanjutkan

Hmmm……….. juri manggut-manggut lalu dilanjut dengan beberapa pertanyaan lainnya,

Award Blog perjalanan bisnis terbaik 2010 dari TDA

Award Blog perjalanan bisnis terbaik 2010 dari komunitas TDA

Juri, “Disini anda menulis Blogger Entrepreneur, bisa dijelaskan apa maksudnya ini..?”

Saya,”ya itulah saya, saya adalah seorang blogger dan juga seorang entrepreneur. Nge-blog adalah salah satu hobbi saya disamping berbisnis, dengan nge-blog maka saya bisa share apa yang saya punya melalui media internet yang bisa dibaca oleh jutaan orang di seluruh dunia. Salah satu mimpi saya adalah membuktikan kepada semua orang bahwa seorang blogger yang baik itu juga bisa menjadi seorang Entrepeneur yang baik dan untuk urusan nge-blog saya sudah membuktikan dengan dianugerahinya blog saya sebagai Blog Perjalanan Bisnis Terbaik 2010 dari komunitas bisnis terbesar TDA”

“Seorang entrepreneur harusnya juga seorang blogger biar mereka bisa menyebarkan ilmunya secara efektif  dan seorang blogger  seharusnya juga seorang entrepreneur biar blogger yang selama ini mandiri menjadi benar-benar mandiri secara financial tidak tergantung orang lain jadi bisa lebih bebas menyalurkan idenya,” kataku melanjutkan sambil berbusa-busa

Sesaat mereka berdiskusi dengan juri lain dengan menggunakan bahasanya pangeran charles (mungkin dipikir saya nggak ngerti kali ya….?)

Dari sekian banyak wawancara yang di gelar secara santai, ada pertanyaan yang menurut saya menarik yaitu soal kisah perjalanan semasa kuliah dan suka-sukanya berjualan.

Mereka tertawa sewaktu saya bilang bahwa saya sukses lulus dalam waktu 5 tahun yang seharusnya 3 tahun dan mereka tertawa lagi sewaktu saya katakan bahwa saya selalu dapat ranking 5 besar  tetapi jika ngitungnya dibalik dari bawah…. Hahahahaha. Saya termasuk mahasiswa yang dicintai oleh semua orang bahkan saking cintanya untuk luluspun saya harus rela lebih lama.

service printronix P5005

Salah satu jasa PRAKOM adalah perbaikan printer Printronix/IBM

Award ini buat saya hanyalah sebagai langkah kecil untuk menggapai mimpi yang lebih besar. Award ini adalah juga sebagai bukti untuk mematahkan mitos bahwa mereka yang baik di sisi online pasti bisa juga baik di sisi offline.

Kunci dari kesemuanya ini adalah sama dengan apa yang dilakukan oleh mahapatih gajah Mada yaitu cuma modal fokus dan nekat, tetapi ada yang membedakan yaitu saya akan tetap berisitri 1 walalupun saya berhasil menyatukan wilayah Asia dalam waktu 10 tahun mendatang….. hehehehehe

Salam sukses dunia akherat,

9 Comments (+add yours?)

  1. indah
    Jun 03, 2010 @ 03:49:17

    mantabb banget bos artikelnya!!! cukup menyegarkan pikiran. saya terhitung masih belum nekat untuk urusan di atas. hati kecil pgn bgt keluar dari pekerjaan di sebuah BUMN ternama, biar bisa jadi ibu RT sekaligus pengusaha tp orang sekitar masih blm rela dan menyayangkan sepertinya. mgk harus mulai menyiapkan diri dari skr ^^

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jun 06, 2010 @ 10:48:51

      iya bu indah, mulai dari sekarang dan lakukan yang bisa dulu tetapi dari keseluruhan itu yang lebih penting adalah silaturahmi, silahkan ibu cari komunitas atau perkumpulan bisnis biar lama-lama ibu ketularan jadi pebisnis juga

      Reply

  2. udet
    Jun 04, 2010 @ 01:21:00

    Salam kenal pak, thanks atas sharingnya…semoga saya dan Bapak dan semua yang terlibat yang mempunyai visi misi mirip2 tp ujung2nya menjadi entepreneur🙂 dapat bersinergi dengan media blogger🙂

    Reply

  3. widodo
    Jun 10, 2010 @ 06:04:03

    Siang pak, apa yang saya alami hampir sama dengan bu indah, pingin sekali saya bebas dari sei waktu. Saya mau meninggalkan PNS tapi belum cukup biaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. sebenarnya saya sudah punya usaha warnet dan toko retail pakaian tapi hutang saya cukup banyak sehingga hasil usaha hanya cukup untuk menutup hutang.pingiin sekali saya terbang ke angkasa untuk menikmati kerja tanpa batasan waktu tapi kaapann ya doaakan ya smoga cepat tercapai

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jun 14, 2010 @ 15:41:10

      pak widodo, kalau tanya waktunya kapan…. ya yang palingtepat adalah saat ini juga.
      fokus aja pak pada jualannya dan sabar, yakin suatu saat pasti akan ketemu jalannya.

      kumpul0-kumpul dengan komunitas bisnis adalah salah satu cara yang terbaik pak dan dari sana nanti akan muncul ide-ide yang lebih brilian

      Reply

  4. Trackback: Minum Jahe Merah Instan Cangkir Mas GRATIS…..
  5. Peternakan Taurus
    Aug 03, 2010 @ 13:40:09

    Huebat…. Suatu saat saya harus ikutan seperti reka-rekan yang sukses. Dukung saya ya, klik http://peternakantaurus.wordpress.com

    Reply

  6. fidelity
    Sep 01, 2015 @ 03:53:56

    Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your website, how could i subscribe for a blog website? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea

    Reply

Leave a Reply

