Catatan orang2 hebat di Pesta Wirausaha 2010 – 2

Saya copy-kan lagi elanjutan cerita dari mbak titah tentang Pesta Wirausaha 2010. Alamat mbak titah bisa dilihat dario link dibawah ini

==========================================

Assalamu ‘alaikum wr wb,

Kawan, alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk melanjutkan berbagi oleh-oleh dari Milad IV TDA di Jakarta 9-10 April yang lalu. Sebelumnya saya ingin mengoreksi satu huruf yang salah ketik di oleh-oleh edisi (1), tapi membuat perbedaan yang sangat besar. Yakni pada materi Pak Sandiaga Uno poin 4, tertulis tahun 2010, seharusnya 2020. Mohon ketulusannya untuk memaafkan kesalahan ini. Okay, sekarang kita lanjutkan ya:

SUSI PUJI ASTUTI:

1. Decision is better than no decision, walaupun salah! Kesalahan bisa diperbaiki.
2. Ijazah saya hanya SMP, tapi saya pekerjakan pilot dari 28 negara. Saya belajar ilmu dari 28 negara, jadi saya lebih pintar dari semua anak buah saya.
3. Kalau yakin akan sebuah keputusan lakukan saja, walau 1.000 orang di sekitar menentang & mencemoohmu.
4. Berangkat dengan mengenali kapasitas, kemampuan, dan ukuran diri sendiri.
5. Saya mengerjakan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain: membuat bandara di desa-desa, mengoperasikan pesawat baru ber-AC dgn pilot handal di pedalaman. Akhirnya armada lain dgn pesawat tua mati dengan sendirinya, dan saya jadi tidak punya pesaing.
6. Mimpilah, then we go to the right direction to make the dream come true.

NUKMAN LUTHFIE:

1. Saat ini di Indonesia terdapat 35 juta unique user/IP pengguna internet, kemungkinan jumlah riilnya sekitar 50 juta. 44% online setiap hari, 70% online lebih dari 2 jam.
2. Pengusaha selalu cari tempat ramai di mana (calon) pembelinya berada. Wajib seorang pengusaha punya akun Facebook ( > 21 juta pengguna di Indonesia) & Twitter (> 5 juta).
3. Walau Facebook & Twitter booming, haram seorang pebisnis tidak mengupdate blog. Minimal harus diupdate seminggu sekali.
4. Biasakan tiap hari buka Google Trends & Google Analytics –> segera buka cabang di daerah pemberi kontribusi pengunjung terbanyak.
5. Branding – Awareness – Consideration – Favorability – Purchase Intense – Purchase – Loyalty.
6. Lakukan branding melalui website, iklan online, FB/Twitter, kartu nama, kaos, topi, buku, dll.
7. Membuat buku itu penting!
8. Keys to web brand loyalty: ease of navigation, fast response, … (lanjutannya tidak terkejar, mohon ada yang menambahkan ^_^)
9. Killer of web brand loyalty: outdated information, slow response time, site downtime, poor customer service.

CHAIRUL TANJUNG:

1. Di awal usaha saya bekerja 18 jam sehari termasuk Sabtu dan Minggu. Jaman seusia anda paling banyak saya tidur 4 jam/hari. Sekarang saya masih bekerja 14 jam sehari.
2. Tanpa kerja keras kesuksesan itu omong kosong.
3. Kerja keras harus dibarengi kerja cerdas dan kerja efektif. Saat bekerja saya tidak baca koran, tidak ngobrol, tidak nonton tivi, dll. Makan siang saya lakukan sambil menerima para tamu & staf untuk bergantian menyampaikan pokok-pokok pikirannya @ 3 menit.
4. Berapa lama anda bekerja, seberapa cerdas, dan seberapa efektif (dibanding saya/CT)? Saya mencapai posisi ini setelah bekerja selama 30 tahun, dengan cara kerja anda berapa tahun anda akan mencapai posisi seperti saya?
5. Buatlah sesuatu yang tidak dibuat orang lain. Kalau anda menjalankan business as usual (seperti yang dilakukan orang lain), then how low can you go, how long you can pay?
6. Harus pelan-pelan berusaha. Semua dijalani sendiri: you bisa nekan cost, you dapat ilmunya sehingga tidak ditipu.
7. Anda boleh rekrut orang sepintar mungkin, dengan catatan anda harus lebih pintar daripada orang itu.
8. Jadi pengusaha itu jangan cengeng, jangan mudah menyerah. Kalau jatuh ya bangun, jatuh lagi bangun lagi, jatuh lagi ya terus bangun lagi.
9. Kalau untung besar senengnya sedikit saja, kalau jatuh sedihnya sedikit juga. Amplitudo antara kebahagiaan dan kesedihan itu kecil saja supaya kita tidak terbuai.
10. Bisnis adalah peristiwa individu, bukan peristiwa kelompok atau paguyuban. Jangan rely on kelompok. Andalah yang harus berbuat untuk sukses, bukan kelompok anda sukses lantas anda ikut-ikutan sukses.
11. Cepat ambil keputusan sebelum terjadi hal yang sangat mendasar.
12. Jangan besar pasak daripada tiang.
13. Kompetisi di Indonesia masih sangat limited. Menjadi orang sukses di Indonesia jauh lebih mudah daripada di negara mana pun. Kalau kesempatan ini tidak kita ambil, orang lain (luar negeri) yang akan mengambilnya.

CHALENGE MILAD V TDA DARI CHAIRUL TANJUNG:
Product Innovation: menciptakan produk yang belum diciptakan orang lain. Kalau jumlahnya banyak akan dikompetisikan. Hadiah utama disediakan khusus oleh Chaerul Tanjung.

ERBE SENTANU:

1. Power anda bukan pada action anda, tapi pada ketenangan dan keyakinan anda.
2. Kalau ingin sukses tapi susah tidur, pikir ulang keinginan anda. Anda harus (ingin) sukses tapi tetap bahagia, bisa tidur nyenyak, tetap tersenyum dan tertawa.
3. Tidak punya takut, have fun seperti kanak-kanak, akan membawa kesuksesan.
4. Tidak usah memikirkan sukses dan gagal, di sinilah tempat anda mewujudkan impian anda.
5. Menangis is power. Hanya orang ikhlas yang bisa menangis bahagia, menangisi nasibnya, menangisi berkahnya.
6. Jangan terlalu fokus pada urusan anda. Fokuslah pada urusan orang. Di antara ketidakberdayaan anda, sisihkan sedikit daya anda untuk membantu orang lain.
7. Kalau hati bisa dipertahankan “hijau” (ikhlas), kesuksesan akan otomatis datang. Keajaiban terjadi. Karena tidak ada kompetitor untuk orang yang ikhlas.
8. Green heart movement -> lingkungannya akan jadi serba “hijau”, orang-orangnya, kesejahteraannya, kesehatannya. Hanya dibutuhkan satu orang di tiap RT, dan anda bisa mewakilinya.
9. Global Green Heart Initiative, untuk mengubah nasib negeri ini. From national power to global green heart leadership.
10. Do world class business. Make world class qualities. Anda jauh diberkati.
11. Suatu hari anda akan menangis sepanjang hari karena merasa bersyukur dan diberkati hidup di jaman yang luar biasa ini.

Mohon maaf karena dua pembicara pertama terlewat (wakil dari Kementerian UKM dan … ?) karena keasyikan bersosialisasi di stand-stand pameran. Mohon kawan-kawan yang lain berkenan menambahkan. Selebihnya mohon maaf atas segala kekurangan yang ada, semoga catatan kecil ini ada manfaatnya bagi kawan-kawan yang membaca.

Salam funtastic suksesmulia,
Titah Rahayu
http://rumahkanker.com/
031-60141042

5 Comments (+add yours?)

  1. backpacker jogja
    May 02, 2010 @ 01:33:35

    inspiratif… jadi semangat lagi

    Reply

  2. benny
    Jun 01, 2010 @ 01:39:12

    keren semua prinsip diatas bener adanya, kita harus memakai semuanya tepat pada waktunya dan pada tempatnya, prinsip mana yg cocok untuk di terapkan , di pilah 2 atau di kombinasi . keren gan

    Reply

  3. Trackback: The Power of Mastermind
  4. yoi
    Aug 13, 2010 @ 22:22:25

    Very inspiring…..

    Reply

  5. peluang usaha
    Dec 02, 2010 @ 09:24:28

    sangat memacu semangat saya untuk terus meningkatkan usaha saya.
    peluang usaha

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: