Kalau mau naik kelas memang “agak” ribet

System Operation Procedure

Saya suka heran kalau melihat ada orang yang masih kebingungan untuk mulai buka usaha padahal buka usaha itu sangat GAMPAAAANG BANGET. Sudah terlalu banyak saya tuliskan di blog pribadi maupun di situs-situs yang saya ikuti jadi untuk hal ini buat saya tidak perlu di bahas lagi.

Sekarang yang terpenting adalah bagaimana kelanjutannya setelah buka usaha..?? Ini yang lebih penting.

Dulu, di waktu pertama kali buka usaha, kita cukup bekerja sendiri saja, kita merangkap jadi administrasi, sekretaris, kurir, direktur dan office boy. Semua kerjaan bisa dirangkap dan enjoy.

Seiring dengan majunya bisnis maka akan bertambah juga permasalahan yang dihadapi tetapi biasanya permasalahan yang utama itu adalah di bidang penjualan dan pembukuan. Kita tinggal pilih di bidang mana dulu yang harus dikuatin.

Kalau saya pribadi, saya lebih memilih di bidang penjualan dulu dikuatin dan pembukuan menyusul tetapi itupun juga tidak lama, itungan saya cukup 3 bulan dari start awal harus sudah mulai rapi pencatatannya. Saya sendiri dari awal sudah menggunakan program aplikasi accounting untuk melakukan penghitungan biarpun saya kurang paham soal accounting.

Dari pengalaman mempunyai usaha sendiri yang sudah berjalan 5 tahun dengan lebih dari 10 karyawan dan beberapa asset, akhirnya semua harus hilang gara-gara sistim pembukuan yang amburadul. Timbul kecurigaan diantara partner yang pada awalnya mempunyai visi misi yang sama dan pada akhirnya harus berujung dengan perpecahan. Sangat disayangkan, hubungan persaudaraan harus pecah gara-gara sistem pembukuan yang kurang rapi.

Buat saya pribadi, untuk kelanggengan bisnis tidak semata-mata ditentukan 100% dari penjualan tetapi ditentukan juga oleh sistem pembukuan yang rapi. Kalau diprosentase sekitar 50% penjualan dan 50% pembukuan/accounting.

Selain penjualan dan accounting, ada hal lain lagi yang sangat vital di bisnis yaitu tentang SOP (System Operation Procedure). Sekecil apapun bisnis kita harus sudah ada SOP yang tertulis, kenapa..?? karena dengan SOP kita bisa mempunyai guidance untuk menjalankan bisnis dan juga mempermudah untuk mendelegasikan hal baru kepada karyawan.

“Ahhh….. gak usah pakai SOP, yang penting masih bisa jalan”, biasanya hal ini yang dikatakan oleh mereka termasuk saya dulu, tetapi dengan berkembangnya usaha, dengan akan naik kelas-nya usaha kita, maka hal-hal seperti itu hukumnya WAJIB dijalankan.

Boleh percaya boleh tidak, boleh dijalankan boleh tidak, sebab bisnis tidak ada yang salah, semuanya benar dan semuanya tergantung kepada kita sebagai owner-nya.

Salam sukses dunia akherat,

6 Comments (+add yours?)

  1. choreed
    Feb 10, 2010 @ 07:44:51

    sepertinya hal tsb sudah menjadi hukum alam. kenapa? karena kalo pondasi bangunan kita belum kuat mustahil, bangunan tsb dapat berdiri kokoh, kalo akarnya belum menyebar dan menunjang mustahil pohon dapat berdiri tinggi. saya setuju dgn tulisan diatas, karena pembukuan yang baik dan rapih = transparansi = pondasi/akar.

    Reply

  2. wawan
    Mar 24, 2010 @ 12:22:56

    kalo boleh tahu software accounting pake apa pak? saya jug lagi nyari

    Reply

  3. Trackback: Sinergi penjual bakso dengan majalah Wirausaha & Keuangan
  4. Trackback: Salah satu kunci sukses yaitu……. SILATURAHMI
  5. Trackback: TUHAN MAHA TAHU | Komunitas Blogger Bekasi
  6. Trackback: Fokus & Re-branding di Mastermind MMB5

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: