Baru belajar tapi bisa jual 20 porsi BAKSO MANDIRI dalam 3 jam

Logo Warung Bakso Mandiri

Hari minggu di perumahan puri gading bekasi untuk ke sekian kalinya saya memberi kesempatan kepada anak SMK IT yang magang untuk berjualan dan untuk hari ini dagangan yang dijual adalah BAKSO dengan nama BAKSO MANDIRI artinya bakso masak sendiri. Konsep ini saya buat karena melihat baksonya memang siap saji, cukup diseduh dengan air panas atau air disepenser lalu ditambahkan bumbu yang sudah tersedia maka bakso siap langsung dimakan.

Saya jualan bakso ini karena memang bakso makanan yang sangat gampang sekali jualannya dan selain itu saya bersama mas rozy “imucu” dan mas arys “law firm” memegang distribusi bakso ini untuk kawasan Bekasi dan Kerawang.

Jam 5.30 pagi kita sudah stand by di lokasi, saat itu cuaca tidak mendukung, gerimis terus dari malam dan baru berhenti setelah menjelang siang. Melihat tipikal pasar kaget ini yang berprinsip siapa cepat dia dapat dan agar dapat lokasi yang bagus maka meja langsung saya turunin dari mobil untu nge-tag tempat.

Jam 6 sudah mulai rame orang datang dan tidak disangka-sangka ada pasangan keluarga yang mampir  untuk mencoba 1 porsi bakso dan dilanjutkan dengan beli 50 butir bakso untuk dimasak di rumah.

Mas rozy, mas aryz, saya dan mas Anggara "bakso kepala sapi"

Melihat tempat saya ramai, lalu berdatangan pengunjung berikutnya yang dilanjut dengan makan bakso dan pulang membawa beberapa butir bakso.

Meskipun cuaca hujan, jualan BAKSO MANDIRI saya masih terbilang ramai. Saya lihat beberapa lapak lain belum ada pembeli.

Setelah itu mulai berdatangan pembeli lainnya. Anak magang yang tadinya malu-malu untuk jualan akhirnya dengan terpaksa bisa lancar dengan sendirinya dan sudah bisa mulai ditinggal. Saya paksain dia untuk jaga dagangan di sela-sela hujan gerimis dan saya sendiri minggir untuk berteduh di pinggir ruko.

Akhirnya dengan terpaksa jualan BAKSO MANDIRI saya tutup pada jam 10 karena dagangan sudah habis dan pembeli mulai berkurang. Setelah saya hitung ternyata tinggal tersisa 6 butir.

Saya mau membuktikan cara dan strategi untuk bisa mulai berwirausaha dengan modal seadanya bisa terwujud. Saya pergunakan semua alat yang ada di rumah tangga seperti kompor, dandang kecil, meja, air galon, dll. Barang yang dibeli hanya bakso, mangkok styrofoam, sendok plastik, gelas plastik, kopi. Bahan pelengkap lainnya seperti udang tepung roti dan bakso ikan dibantu oleh kawan saya mas Oni yang ternyata sangat menunjang penjualan dan berujung dengan sama-sama dapat untung.

Untuk bahan yang dibeli menurut hitungan saya tidak sampai 200.000 karena BAKSO MANDIRI yang saya jual ditawarkan dengan paket mulai harga 100.000 dan sisanya bisa digunakan untuk beli perlengkapan makan.

Ada beberapa pelajaran yang bisa dibagikan disini.

  1. Pergunakan semua barang yang ada dirumah buat jualan untuk menekan biaya
  2. Kebersihan dijaga, jangan sampai ada sampah yang terlihat pada saat jualan maupun sesudahnya biar untuk jualan berikutnya kita bisa enak sama penjaga lokasi
  3. Duit receh, kalkulator harus disiapkan biarpun kita lulusan sekolah SEMPOA karena pasti akan pusing antara mikirin kembalian dan melayani pembeli
  4. Pasang standing banner  sebagai sarana promosi biar orang lain bisa melihat dari kejauhan
  5. Datang pagi-pagi biar bisa baca lokasi.
  6. Bikin ide yang aneh biar orang lain melihat dan mampir. Di setiap lapak saya selalu saya tulis gratis minum dan boleh dibawa pulang. Suatu ketika pernah juga saya tulis gratis buah rambutan makan sepuasnya
  7. Yang paling penting lagi, sebelum jualan, kasihkan beberapa porsi jualan kita kepada orang yang paling “bawah” hidupnya di lingkungan sekitar, istilahnya bayar DP dan ngerayu kepada yang Maha Pemberi Rejeki
  8. Yang lainnya tinggal dijalanin aja, dipikirin sembari jalan dan sambil ngambilin duit
salah satu anak magang dari SMK IT yang saya suruh jualan bakso. Awalnya malu tetapi setelah terima duit jadi ketagihan

Sampai jumpa di cerita lapak atau gerobak atau kios atau gerobak sepeda BAKSO MANDIRI berikutnya.

JANGAN LUPA, DICARI JUGA DIREKTUR AGEN YANG MAU MENGANGKAT DIREKTUR-DIREKTUR LAINNYA…..

Salam sukses dunia akherat,

Advertisements

63 thoughts on “Baru belajar tapi bisa jual 20 porsi BAKSO MANDIRI dalam 3 jam

Add yours

      1. Pak Rawi saya punya tempat cukup strategis di Bekasi. Mari kita bekerjasama. saya bisa dihubungi melalui email. tks

  1. wahhh hebat…aniwei, 20 porsi dalam 3 jam itu rekor tertingginya bukan pak? bukan juga pake pelet kan? 🙂 selamat deh pak, semoga sukses dan lancar!

  2. saya sering membuka usaha namun selalu gagal.dan baru tadi saya meluhat di acara tv tentang bakso mandiri dan saya tertarik,bagaimana cara y klo saya ingin membuka usaha ini mudah2an berhasil

  3. sama.. mdh2an ini jalan buat saya berbisnis karena lebaran ini rcnnya mau buka warung bakso gerobak sdh pesan, pas kebetulan ada referensi WBM. saya tinggal di Rawa Kalong Bekasi mdh2 lokasi strategi utk usaha.

    1. wah bagaimana pak jika di buka di Bumi Serpong Damai?kayaknya basonya mantaf.Siapa yang bisa dihubungi ya pak?saya si ada tempat dan sudah jualan mie ayam di tempat saya…makasih

  4. Assalamu alaikum
    Wah saya sangat tertarik nih dengan ide brilyan bapak, berbisnis bakso,
    memangsih saya ingin sekali buka usaha seperti itu, bisa nga sering Ilmunya ke saya pak. Terima kasih…..

  5. Salam kenal Pak, Saya Ali, saya tertarik untuk bergerak dibidang kuliner bakso,
    Bagaimana prosesnya jika saya ingin membuka Bakso Mandiri di wilayah Depok? Tolong informasinya ya Pak. Sukses selalu untuk Bakso Mandiri

  6. Assalamu’alaikum pak,
    Saya ingin mencoba membuka usaha bakso. Mohon informasi lebih lanjut.
    Terima kasih

  7. Pak saya dari serang banten tolong beri petunjuk saya pak gimana cara supaya saya “take action“dalam usaha. dan saya bersedia buka cabang baso mandiri di daerah saya. Terimakasih. Semoga di balas oleh alloh dengan kebaikan..Amin

    dcahyadi09@gmail.com

  8. magnificent put up, very informative. I wonder why the other specialists of this sector don’t understand this. You should continue your writing. I am confident, you’ve
    a great readers’ base already!

  9. Ass. Mas Rawi, sepertinya aku ketinggalan banget ya, baru kepikir untuk buka2 di internet :). Sebetulnya aku udah jualan bakso udah 6 tahun ini Mas..masak sendiri juga. Boleh donk klo namanya Bakso MANDIRI juga he he he…Gini Mas Klo Mas Rawi kan jualannya di seputaran Jakarta ya…. Klo ada teman2 yang mo buka usaha di daerah Jawa Timuran bisa hubungi saya email : endah1709@gmail.com. Untuk rasa bisa ditanggung mak Nyuss deh….Mudah2an kita di daerah Jawa Timur bisa sukses seperti Mas Rawi.. Insya Allah…

  10. bisnis yang bagus……….klo ada yang mau buka cabang di balikpapan boleh dong join buka usaha bakso sama2 bagi hasil…..

  11. Saya tertarik bergabung….gimana caranya saya mau bergabung dengan bisnis ini.???tlng ∂ï konfermasi

  12. Saya ada tempat di jl bambu kuning dekat rawa panjang bekasi. Bangunan ruko, mau joint pls infonya
    Salam

  13. Ass Pak bisa dibantu tips dan caranya dengan lengkap Insyallah saya akan kembangkan di Tegal saerah saya smoga tambah barokah untuk usaha Bapak terima-kasih wass wwb. Andi

  14. Pak mau tanya, apakah bumbu telah disediakan dari pembuat bakso?
    Apakah bumbu dikemas per porsi seperti bumbu bumbu dalam mie instan?
    Maksudnya konsep “masak sendiri” itu apakah pembeli memilih baksonya sendiri dan memasak sendiri dengan air dispenser?
    Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: