Lupakan SEO dan segera buka toko

bisnis sendirian aja gak ngajak-ngajak om...

Banyak banget orang-orang yang mendewa-dewakan bisnis lewat internet, seolah-olah jika belum menggunakan internet maka dijamin bisnisnya tidak akan bisa berkembang atau bisa kalah bersaing dengan lainnya, apa bener…???

Bisnis online itu sebetulnya simple banget, kita cuma patokan sama orang yang bernama mbah gugel atau kalau ditempat asalnya dinamakan Google. Kalau simbah gugel gampang nyari kita maka dijamin akan banyak pengunjung ke situs/bisnis kita. Saya gak mau bahas soal ini karena menurut saya TIDAK MENARIK kalau cuma ngomongin bisnis online.

Saya ambil contoh di usaha yang saya kembangkan, Pradana Komputer atau biasa disebut PRAKOM, yang khusus melayani jasa perbaikan dan penjualan di segmen perbankan dan spesialis di printer beserta konsumablenya. Kalau situs saya yang beralamat di http://www.prakom.com di cek maka pasti tidak akan SEO friendly (kata pakar-nya), tetapi apa itu membikin saya kalah bersaing..?? kata siapa, sorry ye…….??

buka toko seperti ini berani tidak..?? kalau cuma buka toko di langit semua orang juga bisa...

Kita hidup di bumi, di dunia nyata, bukannya hidup di langit, jadi selama kita masih di dunia nyata maka segala tindakan yang ada hubungannya dengan dunia nyata harus dilakukan seperti jalan-jalan atau visit customer, buka toko di pasar yang ada orang beneran bukan hanya di langit, “bercinta” secara nyata dengan pelanggan bukan hanya di langit dan kegiatan-kegiatan lainnya yang berhubungan dengan dunia nyata yang harus kita lakukan.

Ada hal lain yang saya tidak suka di bisnis online ini yaitu, bisnis ini sangat sedikit memanfaatkan tenaga kerja karena sifatnya bisnis online ini memang “hanya” berhadapan di depan komputer untuk berjualan. Alangkah baiknya jika bisnis kita itu bisa juga dirasakan oleh masyarakat sekitar dengan cara menjadikan mereka sebagai karyawan atau menjadikan partner usaha.

Lalu apakah saya harus melepaskan bisnis online-nya..?? ya tentu saja tidak, Usaha komputer saya, Pradana Komputer tetap menggunakan cara online untuk berjualan dan dari waktu ke waktu selalu saya update agar bisa SEO Friendly dengan memanfaatkan bantuan orang lain. Tetapi ada yang membedakan, online buat saya mungkin cuma sekitar 30% dari seluruh aktifitas penjualan, saya lebih banyak “bertarung” di dunia nyata.

dunia nyata lebih indah daripada dunia maya, begitu pula duitnya

Pernah suatu ketika dalam beberapa bulan saya tidak buka internet, saya hanya memanfaatkan email , chatting dan browsing di BB, kenapa..?? karena penjualan di dunia nyata sangat menyita waktu dan saya tidak merasa rugi karena tidak bisa online bahkan saya malah lebih diuntungkan karena banyak order masuk. Penjualan salah satunya memang berasal dari internet tetapi itupun tidak banyak, lebih banyak penjualan karena berdasarkan rekomendasi pelanggan dan repeat order

Berdasarkan pengalaman pribadi, agar kita kebanjiran pembeli maka kuncinya adalah kita banyakin penjualan di dunia nyata, tambah karyawan biar banyak yang nge-doa’in usaha kita, kumpul-kumpul dengan banyak orang biar kalau kita punya keinginan maka akan banyak yang bisa nge-bantu, buka toko dimana-mana di dunia nyata, sapa pelanggan kita dengan hati bukan hanya dengan gambar, silaturahmi secara fisik lebih baik daripada cuma lewat status. Lupakan SEO kalau memang membingungkan, pikirkan saja gimana caranya agar pelanggan di sekitar bisa membeli produk kita dengan nyaman.

Salam sukses dunia akherat,

43 Comments (+add yours?)

  1. indra
    Jan 05, 2010 @ 17:12:05

    curhat plus promosi dikit y mas? he..he..
    tp saya setuju sekali dengan visi anda..

    http://bayuindragunawan.wordpress.com

    Reply

    • rawi wahyudiono
      Jan 05, 2010 @ 17:14:40

      mas indra, kalau promosi jangan sedikit tapi banyakin aja dengan ara yang baik biar tidak dianggap spam.

      blognya menarik mas, saya bisa nemu macem-macem disitu… makasih ya

      Reply

  2. indra
    Jan 06, 2010 @ 02:14:27

    cuma coretan nuwbie ko’ mas..
    kedepan saya berencana bikin warung service & maintenance untuk kantor jg nih mas, saat ini konsumen masih terbatas kalangan mahasiswa (teman2 kampus).
    boleh y kpn2 saya konsultasi dgn anda?

    http://bayuindragunawan.wordpress.com

    Reply

  3. vitopro
    Jan 06, 2010 @ 13:23:28

    Artikelnya bagus-bagus jangan lupa mampir2 di blog saya juga…salam kenal ya🙂

    Reply

  4. chairiah
    Jan 07, 2010 @ 13:53:37

    wah….artikel pak Rawi bikin hati saya tenang dan senang, gimana enggak pak, disaat saya bingung mencari dan sampai hari ini belum menemukan bisnis apa yang akan saya ol kan, terobati membaca artikel diatas. yach….mau coba ngembangkan usaha toko atk saya, ingin buka satu lagi, sedang di ikhtiarkan, doa kan ya pak.
    Saya doakan juga semoga usaha pak Rawi semakin hebat, dan juga tulisan2 nya terus di sharing untuk kami para pemula.

    Reply

    • rawi
      Jan 08, 2010 @ 00:08:14

      terima kasih mbak, segera di buka tokonya mbak karena biar bagaimanapun buka toko offline itu hasilnya lebih banyak di banding buka toko online, tetapi mbak jangan melupakan juga cara penjualan lewat online sebab cara penjualan online sangat-sangat membantu bisnis offline kita.

      Saya juga mau buka toko offline lagi setelah urusan meninggalnya ayah saya ini selesai semua.

      Reply

  5. novi cuk lanang
    Jan 07, 2010 @ 18:20:41

    sepakat cak. ditengah serbuan iklan2 berbisnis online yang penuh bombastis saya jadi terharu membaca blog ini.

    Reply

  6. mottocurahsolo
    Jan 09, 2010 @ 03:45:08

    wah saya ketagihan baca blog-nya cak rawi, sangat inspiratif. tadi ada 1 artikel yang saya kopi ke blog saya, selanjutnya setiap saya kopi artikel punya sampeyan ga perlu minta ijin dulu toh? yang penting dicantumkan sumbernya dengan jelas.

    oiya, tadi belum kenalan. nama saya ali, 25 thn, “nekat” ninggalin status karyawan untuk menjadi pebisnis sejati. mohon bimbingannya cak..

    wassalam.. =)

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jan 09, 2010 @ 07:59:16

      gak apa2 mas kalau mau di kopi tanpa minta ijin yang penting link dan seumber asal dicantumkan.

      Selamat sudah berani ninggalin jadi karyawan, yang penting maju terus mikir belakangan

      Reply

  7. Faizal Alfa Z.
    Jan 11, 2010 @ 02:17:04

    Salam kenal Pak, saya Faizal, menemukan informasi tentang anda dari Komunitas Tangan Di Atas.

    http://www.bikinprofil.blogspot.com

    Reply

  8. Batik MegaMendung.com
    Jan 11, 2010 @ 03:06:38

    inspired artikel. terimakasih Pak Rawi…semoga makin sukses dunia kherat. amien3x..

    Reply

  9. tina
    Jan 11, 2010 @ 06:50:59

    tks pak rawi atas sharenya …..saya (pernah) berpikiran rasanya kurang macho kalo ga punya toko online sampe pernah nekat belia domain tapi akhirnya tetep aja yg dipake blog gratisan tempat mencurahkan dan memasang foto hasil karya pribadi …. pengen punya toko kwe offline tp masih berhitung dengan budget dan management diri …once again thanks atas artikelnya

    Reply

    • rawi
      Jan 12, 2010 @ 00:23:30

      itu semua penyakitnya orang dagang yang kepingin online karena punya bayangan pembelinya banyak padahal tidak selelu begitu, yang lebih penting lagi adalah bagaimana caranya pembeli dari online itu bisa kita layani dengan cepat.
      Kalau masih merasa kurang lebih baik segera dagang offline dulu dan sambil jalan di rapiin dagangan onlinenya, yang penting adalah keseimbangan antara online dan offline

      semoga sukses dengan dagangannya mbak….

      Reply

  10. muh nur hajat s
    Jan 15, 2010 @ 15:26:40

    Saya ingin bergabung tetapi saya belum paham aturan mainnya..dimana saya harus mendapatkannya, saya tunggu informasi selanjutnya dari anda

    Reply

  11. riematraku
    Jan 16, 2010 @ 07:57:30

    resep yang jitu dari seorang penguasaha yang sudah sukses.

    salam
    Omjay

    Reply

  12. susi
    Jan 16, 2010 @ 16:40:28

    klo saya harus mulai dengan toko offline ngk kebayang deh pak berju-jut modal awal yg harus dikeluarin (sewa tempat,renov,operation cost, dll) dan ngk tau apa bisa dapet pembeli dari aceh-papua, jeddah to sydney atau singapore to qatar.terlebih lagi punya toko online dari rumah tuh saya bisa bersama dengan anak dirumah ngk perlu ninggalin mereka sama orang lain. yg jelas toko online it works with me.the world is flat, dengan online byk ibu biasa spt saya bisa punya usaha dan menghidupi banyak orang juga.
    For people who are very competitive and have limited capital, e-commerce is the way to go. E-commerce allows one to open a site with a small budget.

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jan 17, 2010 @ 08:18:55

      setuju mbak, dengan online maka sangat membantu penjualan dan saya termasuk orang yang banyak mengambil manfaat dari bisnis online.

      hanya catatan saja buat mereka yang baru mulai buka usaha, janganlah gara-gara tidak bisa bikin situs yang SEO friendly lalu berhari-hari energinya dihabiskan untuk itu, masih banyak PR yang harus dikerjakan biar bisnis bisa berjalan.

      Sekali lagi salut buat mbak susi yang sudah memaksimalkan bisnis online

      Reply

  13. sofyan
    Jan 18, 2010 @ 02:35:59

    Mantap Pak… terimakasih sharing artikelnya …. saat ini saya jualan burung kenari secara On Line…. buat blog tanpa ilmu SEO tetapi alhamdulillah pengunjung banyak dan pembelinya juga alhamdulillah cukup membuat saya kelimpungan memenuhinya….kiat yang saya lakukan silaturahmi ke blog-blog seperti ini…. mudah-mudahan dengan silaturahmi seperti ini ada pengikut Pak Rawi yang nyangkut di blog saya hehe…..

    salam tebar jaring blog
    sofyan
    http://burungkenari.wordpress.com
    the colour full and beautiful song

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jan 18, 2010 @ 17:29:45

      betul mas, silaturahmi model begini menurut saya lebih bagus daripada cuma mengandalkan SEO hanya saja saran saya lebih baik bikin situs .COM biar lebih keren karena situsnya dipakai buat jualan.

      Situsnya menarik mas….

      Reply

  14. ahmad sofyan
    Jan 19, 2010 @ 03:13:49

    Baik Pak, sebetulnya selain silaturahmi juga dalam rangka belajar mengelola blog… dengan berkunjung ke blog Bapak saya belajar banyak dalam membuat alur cerita…. hanya saya tidak kuat efeknya Pak ….habis berkunjung ke blog Bapak susah tidur malam mikirin bisnis terus hehe….

    salam
    sofyan

    Reply

  15. zulkarnain
    Jan 25, 2010 @ 05:16:13

    “Pernah suatu ketika dalam beberapa bulan saya tidak buka internet, saya hanya memanfaatkan email , chatting dan browsing di BB, kenapa..??”

    kata-katanya amburadul gini pak😀
    email, chatting dan browsing di BB itu bukannya juga internet ya???

    hiks

    Reply

    • rawi
      Jan 25, 2010 @ 11:00:08

      hehehehe makasih atas koreksinya, saya kalau nulisa itu selalu menggunakan bahasa sehari-hari yang selalu lompat-lompat ngomongnya justru kalau disuruh rapi saya malah nggak bisa….

      salam kenal mas…

      Reply

  16. ambon kaart
    Feb 09, 2010 @ 16:16:09

    salam kenal mas,

    nemu tulisan Mas Rawi lewat blogger bekasi. Saya juga punya toko online; berhubungan ini bisnis sampingan jadi ya gak diseriusin banget. Tapi pengalaman saya kok beda ya; orderan yg mampir justru banyakan dari online. Kayaknya tergantung produknya juga Mas; saya jualan meja komputer lesehan jadi banyak warnet yg nyari dan ketemu produk saya via internet. Kalau tokonya jualan barang2 komoditas umum yang banyak toko lain punya, mungkin lebih sip kalo kerja offline ya. (ini cuma pengalaman pribadi lo ^^)

    Reply

  17. setyo
    May 05, 2010 @ 10:16:41

    mantab pak tulisannya, saya juga udah buka usaha di dunia nyata pak, saya sudah buka Warkop, tapi saya bingung gimana caranya biar bisa dibikin online? hehehe…

    Reply

  18. Trackback: Saya ingin pakai produknya tapi apa daya susah nyarinya.
  19. Trackback: Pengusaha zona nyaman
  20. Peternakan Taurus
    Aug 03, 2010 @ 13:56:12

    Salam kenal mas Rawi. Saya selama ini mengandalkan promosi online untuk menunjang peternakan sapi potong & kambing perah di Bekasi. Tulisan ini mengingatkan saya untuk terus berpromosi & berjualan secara offline dari satu lapak ke lapak yg lainnya mengandalkan kemampuan beradaptasi & berpromosi. Sekali lagi terima kasih.

    http://peternakantaurus.wordpress.com

    Reply

  21. Trackback: Youth, women and Netizen by Hermawan Kartajaya
  22. muhammad yasin
    Jan 23, 2011 @ 11:54:54

    he..he… bagus… ya yang mau SEO nya dikencangkan silakan dan itu bagus.. jangan lupa juga garap dunia nyatanya jd menang dua-duanya…

    Reply

  23. ibnu ismadi
    Sep 26, 2011 @ 13:02:12

    betul juga ya. jadi selain ikirin seo kita juga harus fokus menata produk kita.

    Reply

  24. aqiqah
    Aug 14, 2012 @ 06:33:36

    wah boleh juga masukanya mas rawi tapi kalo bisa jalan dua”nya mas ya OL dan Off line

    Reply

  25. Pulau Tidung
    Feb 23, 2013 @ 16:27:22

    Salam mas, usaha Saya mungkin agak sulit kalau tidak mengandalkan promosi online untuk menunjang usaha saya. tergantung pasarnya kali ya.

    Reply

  26. Atriary
    Dec 13, 2013 @ 08:37:35

    sip betul mas. memang usaha offline itu lebih real dan nyata. Namun beberapa orang memang memulai usahanya dari dunia maya karena mengakali keterbatasan modal.

    Nice artikel.
    main ke blog saya juga ya mas.

    Kampoeng Aquarium

    Reply

  27. Jasa SEO UKM
    Dec 15, 2015 @ 14:36:15

    I don’t even know the way I finished up right here, but I thought this post
    used to be great. I do not know who you might be however definitely you are going to a well-known blogger
    when you are not already. Cheers!

    Reply

Leave a Reply

