Pedagang pasar malam Jatiasih

Bermacam-macam orang untuk menambah penghasilan. Bermacam-macam cara orang untuk mencari duit. Salah satunya yang saya lihat adalah pasar malam yang diadakan di Jatiasih tepatnya di kebantenan.

Seperti biasa, pasar malam ini seharusnya ramai dengan pengunjung tetapi sangat sayang sekali malam itu pengunjungnya sedikit. Tetapi biar bagaimanapun tidak mengurangi kemeriahan pasar malam ini.

Kalau diperhatikan, momen diadakannya pasar malam ini kurang tepat karena berbarengan dengan jatuhnya musim hujan. Karena hujan cukup deras akhir-akhir ini maka lokasi sekitar jadi becek dan pastinya mengurangi keinginan pengunjung untuk melihat-lihat.

Tetapi biar bagaimanapun kondisinya, hujan besar, gerimis, becek mereka tetap harus berjualan. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana seandainya mereka dalam 1 hari itu tidak bisa berjualan, apa yang akan mereka makan..?? yang jelas makan nasi, tetapi duitnya dari mana..??

Pedagang informal seperti mereka itu biasanya hanya mengandalkan pendapatan pada malam itu untuk bisa makan pada keesokan harinya. Kalau tidak ada yang beli dagangannya maka bisa dipastikan mereka harus hutang atau puasa makan.

Pasar malam ini saya pergunakan juga sebagai media pembelajaran buat anak saya Galih agar bisa banyak mengenal bermacam-macam cara jualan. Sering sekali Galih saya ajak ke kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bisnis atau penjualan seperti belanja barang dagangan, ikut tanda tangan kontrak di bank, seminar, dll

Kembali ke pedagang pasar malam, bagaimana cara mengatasinya agar mereka bisa berjualan efektif..? Caranya gampang diucapin tetapi susah untuk pelaksanaannya, karena hal ini menyangkut pola pikir dalam berdagang. Jika sudah menyangkut pola pikir maka akan membutuhkan waktu yang relatif “lama”. Dan yang lebih penting lagi adalah harus ada kemauan atau niat yang kuat dari mereka untuk berubah ke yang lebih baik.

salam sukses dunia akherat,

3 Comments (+add yours?)

  1. Trackback: Jurus 2-2-7 pedagang rambutan Jatiasih Bekasi | bloggerbekasi.com
  2. Trackback: Jurus ampuh 2-2-7 pedagang rambutan Jatiasih Bekasi « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  3. Trackback: Traffic dan produk kunci sukses nge-lapak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: