TDA dan Blogger… visi misi sama tetapi action berbeda

Saat ini saya tergabung dalam 2 komunitas besar yang mempunyai pengaruh besar dalam mewarnai bisnis dan kehidupan saya yaitu komunitas bisnis Tangan Di Atas atau biasa disebut TDA dan komunitas besar Blogger yaitu Blogger Bekasi. Kedua-duanya mempunyai style yang berbeda dalam hal action namun tetap sama dalam hal visi misinya. Persamaan di antara keduanya adalah, sama-sama ingin mengajak masyarakat untuk menjadi lebih baik dengan cara masing-masing dan tentu saja cara yang ditempuh pasti berbeda.

Di komunitas TDA yang disuarakan adalah semangat ber-wirausaha dan saling berbagi dalam segala hal. Action yang dilakukan di TDA ini kebanyakan adalah membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya untuk kesejahteraan bersama.

Di Blogger juga menyuarakan hal yang sama tetapi lebih bersifat umum dan blogger melakukannya lebih sering melalui sebuah tulisan di media dalam hal ini adalah media internet. Kelihatannya hal ini sepele karena hampir tidak terlihat aksi nyata, tetapi jangan salah, tulisan bisa lebih “tajam” dibandingkan tindakan lainnya apalagi kalau menyuarakannya melalui sebuah media nasional. Hal ini terbukti dengan kasus Prita Mulia Sari dengan RS Omni.

Ada kelemahan diantara kedua komunitas tersebut yaitu dalam hal action. Di TDA, mereka lebih sering action secara “nyata” dalam artian membuka sebuah bidang usaha sedangkan di Blogger action yang dilakukannya adalah menulis. Sangat jarang sekali ada seorang anggota TDA yang juga menjadi blogger/penulis dan sebaliknya sangat jarang juga seorang blogger/penulis yang juga ber-wirausaha.

Jika kekurangan dan kelebihan masing-masing komunitas ini bisa disinergikan maka akan bisa menjadi sebuah kekuatann yang maha dahsyat. Seorang TDA yang juga gemar menulis maka suatu saat dia akan bisa membikin sebuah perusahaan media sendiri dalam upaya untuk memenuhi “nafsu” menulisnya yang tidak pernah berhenti dan juga bisa memenuhi “nafsu”  wirausahanya yang tidak bisa diam jika melihat sebuah kesempatan.

Berdasarkan pada hal diatas maka saya pribadi yang “terkurung” dalam 2 alam yang berbeda sungguh sangat-sangat bersyukur karena salah satu mimpi saya untuk mempunyai sebuah usaha di bidang media bisa segera terwujud. Dan sebagai langkah awal, pada tanggal 17-oktober-2009 akan di launching keberadaan Blogger Bekasi yang beralamatkan di http://www.bloggerbekasi.com walaupun sebenarnya komunitas ini sudah berjalan beberapa bulan terakhir dengan respon yang sangat bagus dari komunitas blogger nasional dan disupport penuh oleh Kompasiana yang termasuk 1 group dengan KOMPAS.

Semoga apa yang saya jalankan ini bisa membantu diri saya dan kawan-kawan saya yang lain dalam mewujudkan cita-cita….. amin

Salam sukses dunia akherat,

9 Comments (+add yours?)

  1. yusran
    Oct 12, 2009 @ 03:11:38

    blog menarik pak.. salam kenal..

    Reply

  2. Trackback: Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Blogger Bekasi ada karena Kompasiana ada
  3. Trackback: Blogger Bekasi ada karena Kompasiana ada | bloggerbekasi.com
  4. Trackback: Stand kawan-kawan blogger ngumpet di PB2009 « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  5. Trackback: Stand kawan-kawan blogger ngumpet di PB2009 | bloggerbekasi.com
  6. Trackback: Mastermind Cikarang, jualan dengan cara patungan « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  7. Trackback: Catatan orang2 hebat di Pesta Wirausaha 2010
  8. Uus Rusmawan
    Aug 18, 2010 @ 15:55:58

    saya mau ikut gabung juga biar dapat pengalaman yang berharga

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: