Seandainya suasananya bisa berlanjut di luar bulan Ramadhan… ..- Tour De Java part 3

Tanggal 19-september takbir sudah berkumandang yang menandakan bahwa puasa Ramadhan sudah selesai. Semua orang bersuka cita menyambut datangnya lebaran. Seperti yang sudah berjalan selama ini, setiap malam takbir, di kampung kecil yang bernama Baregbeg di kota Ciamis, semua rumah mempersiapkan makanan kecil sebagai suguhan buat tamu.

Selepas maghrib semua makanan kecil khas kampung sudah disiapkan seperti kue salju, kacang goreng, kripik, tape, dll.

Sepanjang jalan di desa dipasang obor kecil yang terbuat dari bambu kecil yang dipasang sumbu kompor diatasnya dan minyak tanah sebagai bahan bakarnya, suasana kampung menjadi berbeda dari biasanya, suasana malam-benar-benar seperti “lebaran”, sangat berbeda dengan situasi di “kampung” saya dulu yaitu Surabaya.

Untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga, di Ciamis ada suatu tempat yang letaknya di tengah kota yang biasa disebut alun-alun atau juga dikenal dengan nama Taman Raflesia. Karena letaknya tepat di tengah kota didepan masjid Jami Ciamis, maka banyak pedagang yang jualan disini dan banyak juga pengunjung dari berbagai macam umur, tua, muda kakek-kakek, nenek-nenek semua bercampur jadi satu. Situasinya persis seperti pasar malam yang ada di kota.

Esok paginya tanggal 20-september, aktifitas dimulai pukul 5 pagi, semua bersiap untuk melaksanakan sholat ied. Yang unik dari desa ini adalah, sholatnya dibedakan antara yang perempuan dan yang laki-laki, kenapa…. Karena di kampung ini mushollanya kecil-kecil jadi biar bisa tertampung semua jemaahnya maka lokasinya harus dipisah. Meskipun begitu, di musholla yang terdekat juga menyelenggarakan sholat ied juga jadi sewaktu sholat ied semua musholla terisi penuh. Subhannallah….

Silaturahmi bersama orang tua, keluarga, kakak, adik dilakukan setelah sholat ied. Saling memaafkan menjadi suasana yang penuh haru yang seringkali diselingi dengan isak tangis. Mungkinkah suasana seperti ini dirasakan juga diperkotaan…??

Suasana kampung menjadi sangat meriah… semua warga keluar rumah saling mengunjungi tetapi biasanya yang lebih muda mengunjungi kepada yang lebih tua. Ketemu di jalan… salaman, ketemu di rumah… salaman, ketemu di makam… salaman, pokoknya tiada waktu yang terlewatkan tanpa salaman.

Kegiatan rutin lainnya adalah mengunjungi makam leluhur yang letaknya tidak jauh dari desa, cukup berjalan kaki saja maka kita sudah sampai di lokasi. Bunga buat nyekar diambil saja bunga yang ada di sekitar kebun. Seluruh keluarga dan famili semuanya “wajib” datang ke makam walaupun tidak ada yang mempunyai ikatan batin secara langsung seperti saya.

Seandainya keakraban dan silaturahmi seperti ini bisa terjalin terus diluar bulan Ramadhan….. Seandainya sikap saling toleransi seperti ini bisa juga menular kepada semua orang….. SEMOGA

Salam sukses dunia akherat

3 Comments (+add yours?)

  1. richocean
    Sep 20, 2009 @ 16:43:20

    rame … asyik … heboh🙂

    hari ini setelah sholat idul fitri, saya cuma bisa berkunjung ke 1 keluarga PP di jalan 2 jam, di TKP 1.5jam. Anak saya tidak enak badan dari semalam, jadi rencana kunjungan berikutnya ditunda …

    besok ditunggu part 4 …🙂

    Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin

    Baru gempa lebaran di Bali
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/19/gempa-lebaran-1430h-balijawasumatra/

    Hati2 gempa saat lebaran:
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/17/hati-hati-gempa-lebaran-1430h-sumatra-jawa/

    Yang mau tahu kondisi live jalan lewat kamera dari jalan mudik boleh mampir ke sini
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/20/video-live-siang-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jalur-utara-selatan-jawa-merak/
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/20/video-live-siang-hari-pertama-situasi-jalan-lebaran-idul-fitri-1430h-jawa-tengah-solo/

    Yang mau mudik naik mobil pribadi boleh mampir ke blog saya
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/15/tips-mudik-mobil-pribadi-bandung-malang-lewat-jalur-tengah-jawa/

    Buat rekan2 yang mau berikirim2 ucapan Idul Fitri, boleh mampir ke tempat saya,
    -http://richocean.wordpress.com/2009/09/14/kirim-sekarang-ucapan-idul-fitri-anda/

    atau jika sempat main ke blog saya ttg wisata alam:
    -http://richmountain.wordpress.com/wisata/rizqi-firdaus-agro-wana-widya-wisata-1/

    salam kenal😆

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Sep 20, 2009 @ 23:31:29

      Di lebaran ini memang kita harus tetap jaga kondisi biar tidak ketinggalan kemeriahannya, anak saya juga kecapekan badan meriang, setelah saya beri obat & vitamin alhamdullilah kondisi mulai membaik. Harus persiapan kondisi badan soalnya mau langsung ke surabaya.

      Seri berikutnya sudah ada cuma saya ngeluarinnya tidak langsung, dan tentang gambar2-nya nanti setelah dapat koneksi bagus baru saya upload.

      Reply

  2. Trackback: Petilasan kerajaan Galuh di Karangkamulyan – Tour De Java part 5 | bloggerbekasi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: