Sinergi Cafe Ano’s, Cimart Band, UBCimart dan Jaguar Musik

20-Juni-2009 hari sabtu malam minggu, sekali lagi Cimart Band tampil untuk yang kesekian kalinya. Berangkat sore tapi mainnya masih nunggu beberapa jam lagi. Jadi inget waktu SMA/kuliah, sambil nunggu jadwal main sambil nggodain cewek-cewek yang ada…. hehehehe
Tapi untuk saat ini pandangan saya berbeda walaupun tetap saya melihat sekeliling sambil ngincer pengunjung cewek yang ada. Kenapa yang saya lihat pengunjung cewek….. sebab menurut saya kalau di suatu Cafe atau tempat hiburan ada cewek yang cakep maka itu adalah sebuah nilai plus yang bisa diolah untuk menjadi sebuah pemasukan “…. please don’t have negative thinking”

Penampilan pada sabtu malam itu adalah sebuah sinergi yang bagus antara UBCimart, Jaguar Musik, dan Cafo Ano’s. Pengisi acara membayar biaya yang sangat-sangat murah dan Cafe Ano’s mendapatkan pengunjung yang banyak tapi sayang sekali, pihak Cafe Ano’s tidak bisa memaksimalkan penjualan dalam acara ini.

Pengisi acara yang tampil dari beraneka macam aliran musik tetapi kebanyak musik pop yang dengan lagu-lagu yang sekarang ngetop. Ada juga group dari Tambun yang beraliran METAL yang selalu bilang…..cek cek cek cek
Pengunjung cukup beragam mulai dari anak-anak ABG sampai yang sudah berumur yang datang dengan keluarga. Dari begitu banyak pengunjung, bisa dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu
1. Kelompok Keluarga
2. Kelompok ABG

Kelompok 1 (keluarga) adalah kelompok yang bisa menghasilkan pembelian. Mereka sudah mempunyai penghasilan sendiri dan setiap kali datang minimal 3 minuman harus dibeli.
Kelompok 2 (ABG) biasanya kebanyakan duduk sambil nungguin temannya yang main atau ada juga yang sambil pacaran. Mereka sangat kecil untuk melakukan pembelian tetapi bukannya tidak mungkin. Kalau mereka datang berdua, dicoba untuk ditawarkan minuman/minuman yang ngetrend seperti Coca-Cola, teh botol, kentang goreng, pop corn, makanan ringan (kacang, cireng, dll)

Kelompok 1 (keluarga) biasanya datang pada pukul 19.00 – 20.00, hal ini dikarenakan mereka membawa keluarga jadi harus segera pulang kalau tidak anaknya akan ketiduran atau orang tuanya masuk angin…. (maklum kalah sama umur)
Kelompok 2 (ABG), datangnya acak dan mereka biasanya akan tetap disitu sampai acara bubar, maklum gratisan…. “jadi inget waktu sekolah dulu”
2 Kelompok ini sebetulnya bisa digarap oleh Cafe Ano’s dengan maksimal tetapi lebih baik di-sinergikan antara Cafe Ano’s + Cimart dan JM.


Ada beberapa cara untuk meraih penghasilan dari acara ini :
1. Cimart Band sebagai pengisi acara tetap di Cafe Ano’s pada jam 19.00 – 22.00. Waktunya tidak harus setiap hari sabtu biar kelihatan eksklusif. Dipilih pada jam segitu adalah untuk menghibur kelompok 1 yang berduit biar mereka betah duduk lama-lama di cafe.
2. UBCimart dan JM membuka lapak 1 – 2 meja di sekitar Cafe untuk promosi. Cimart bisa bawa beras, minyak goreng atau apa aja sebagai display dan tidak lupa disediakan brosur. Diberikan discount khusus untuk pembelian pada hari itu. Lakukan cara-cara marketing jalanan untuk meingkatkan penjualan.
3. Sebagai band tunggal maka JM untuk saat ini tidak perlu dibayar tetapi hal ini tidak perlu selamanya sebab yang namanya penjualan harus menghasilkan keuntungan materi. Untuk tahap awal hal ini harus dilakukan untuk menambah jam terbang dan membuat portofolio Cimart band bagus dan juga bisa mewujudkan mimpi semua personilnya untuk menjadi terkenal.

Dari beberapa cara diatas pasti ada pertanyaan dari pihak Cafe Ano’s…. apa yang saya dapatkan…?
Banyak sekali yang didapatkan oleh Cafe Ano’s
1. Cafe Ano’s akan mendapatkan pengunjung yang segmented yaitu kelompok 1 (keluarga) yang memang mempunyai kemampuan untuk belanja dan kelompok 2 (ABG) bisa ditingkatkan pembeliannya dengan sitem jemput bola.
2. Kita berikan margin kepada Cafe Ano’s untuk setiap transaksi yang terjadi di Cafe Ano’s dan untuk lebih fair maka sistem pembayarannya melalui kasir Cafe Ano’s. Transaksi ini bisa berupa pembelian barang atau juga daftar kursus musik di JM.
3. Suasana Cafe akan semakin nyaman dan semakin terbentuk dengan seringnya dikumandangkan lagu-lagu Oldies dari Cimart Band atau group lain yang telah lewat seleksi dari Cimart Band/JM.

Dari keuntungan diatas yang pasti didapatkan adalah meningkatkan margin dari ketiga belah pihak yaitu pihak Cafe Ano’s dan juga dari pihak Cimart dan Jaguar Musik (JM). Sebuah sinergi yang sama-sama win-win solution.

Salam sukses dunia akherat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: