Perusahaan Developer pertama-ku bersama Property Plus

IMG00757

Pak Bambang Property Plus mengeluarkan jurus menjadi sebuah perusahaan Developer yang handal

Berawal dari sebuah email yang dikirim oleh pak ato ke milist TDAbekasi yang mengabarkan bahwa diadakan workshop property pada hari jum’at dan sabtu, maka saat itu juga langsung saya kontak pak ato untuk informasi lebih lanjut. Awalnya ada keraguan dalam hati karena saya tidak tahu workshop ini mengenai apa…?? kenapa bisa sampai 2 hari…?? apa untungnya buat saya…??

Ada kata kunci yang membuat saya yakin yaitu setelah saya bertanya “pak ato, siapa saja yang ikutan..? pak ato ikut nggak…??”

“saya ikut, ada pak agus ali, pak erry, wingky EU,” kata pak  ato.

“Oke kalau gitu saya juga ikut, kemana saya harus kontak..?” kataku tanpa ragu karena nama-nama diatas saya sudah tahu kualitasnya di bisnis jadi saya nggak perlu ada pertanyaan lanjutan lagi, LANGSUNG ACTION.

Pak ato ngasih beberapa nomor untuk dihubungi dan singkat cerita akhirnya pada sore hari saya datang ke hotel Maharani untuk ikut workshop property yang diadakan oleh Property Plus dibawah bimbingan pak Bambang.

Workshop ini sangat menarik dan EU banget. Cair, santai, penuh guyon tapi ber-daging. Workshop ini mengajarkan cara-cara untuk mendapatkan property, mendapatan modal untuk membangun property bahkan bukan cuma property saja tetapi diajarkan juga cara untuk menjadi sebuah perusahaan Developer.

Peserta yang ikut di workshop ini bukan peserta “sembarangan”, ini terlihat sewaktu saya ngobrol dengan beberapa peserta, contoh pak khaidir, beliau ini adalah seorang developer yang mempunyai beberapa proyek perumahan di Bekasi Timur dan sudah membangun beberapa proyek perumahan lainnya. Bu yanti yang low profile yang mempunyai 5-6 perusahaan, puluhan franchise dan beberapa orang lainnya lagi yang tidak kalah hebatnya.

Ada kegiatan menarik khas “orang gila” ini yaitu sewaktu jam 11 malam pak Bambang (mentor) menawarkan untuk melihat 4 lokasi tanah yang ditawarkan malam itu juga dan semua peserta mengiyakan tanpa ada penolakan maka jadilah malam itu semua beriringan 23 mobil menuju ke lokasi tujuan.

4 Lokasi tujuan itu adalah, 2 di bekasi timur, 1 di BSD, dan 1 di Ciganjur. Seperti rombongan orang gila, malam-malam beriringan sambil menyalakan lampu hazard meninjau lokasi.

Peninjauan dimulai jam 11 malam dan selesai semua tepat adzan subuh di lokasi terakhir yaitu di Ciganjur. Benar-benar kerjaan orang yang “tidak punya otak”….

Esok harinya pukul 2.30 siang acara dilanjutkan lagi dengan mengevaluasi dan melakukan studi kelayakan terhadap beberapa tanah yang disurvey. Dari pengamatan awam, saya yakin lokasi-nya bagus ternyata setelah dilakukan pehitungan mendalam ternyata masih kurang menguntungkan dari segi margin dan pekerjaan. Ada banyak faktor, ada banyak parameter yang saya sendiri sampai saat ini belum paham, perlu terjun lapangan lebih banyak lagi biar lebih ngerti.

IMG00761

suasana penentuan lokasi tanah yang akan dibangun komplek perumahaan dan lokasi kantor pemasaran

Setelah melalui workshop yang panjang akhirnya sampai pada tujuan akhir yaitu bersama-sama membentuk sebuah perusahaan Developer. Semua peserta yang ada patungan agar bisa digunakan sebagai modal awal untuk membeli tanah, sewa kantor, biaya overhead, dll.

Di sepakati tanah yang akan dibeli seharga 13.500.000.000 milik salah seorang member dan akan dibangunn rumah senilai 700jutaan. Angka ini masih angka sementara dan masih bisa berubah tergantung situasi.

Dari saweran malam itu, “terkumpul” 1.4M diatas kertas. Kenapa saya bilang diatas kertas… karena hal ini membutuhkan action lanjutan pada pertemuan mendatang yang dijadwalkan pada hari jum’at malam di kantor yang baru.

Sepulang dari workshop ini maka saya dan pak Ato sudah bisa mendeklarasikan diri bahwa kami mempunyai sebuah perusahaan Developer dengan asset sebesar Rp. 1.4M yang siap digunakan untuk membangun sebuah komplek perumahan. Sebuah langkah awal yang WAJIB di tularkan ke Property Club Bekasi untuk mewujudkan mimpi mempunyai sebuah villa TDA.

Salam sukses dunia akherat,

61 Comments (+add yours?)

  1. ferry koto
    Oct 11, 2009 @ 16:28:36

    Pak Rawi…
    Ini menarik… belajar, termotivasi, dan action… hebatnya disaat yg sama dan dengan semua peserta yang ada…. berarti tingkat trusted nya tinggi sekali…
    Ada pertanyaan yang menggelitik untuk menambah pengetahuan saya
    1. Ada 3 lokasi yg disurvey, tapi semua tidak layak, tapi ada lokasi salah satu member tanpa survey langsung sepakati dibeli. Perhitungan dan pertimbangannya bagaimana pak?
    2. Pesertanya ada 23 ya pak (klau lihat mobil yg beriringan he he he) Bisa mengumpulkan uang 1,4Milyar (komitmen) berarti masing orang rata rata Rp60jt (jumlah yg lumayan besar buat yg mulai bisnis, tapi kecil saja mungkin yg biasa main property) bagaimana caranya pak, bisa meyakinkan banyak orang dalam waktu singkat membangun “kerajaan bisnis” bersama, ini sungguh luar biasa…
    3. Perusahaan yg dibuat ini apakah berbadan hukum atau diatas kertas saja? kalau tidak berbadan hukum, setahu sy kan tidak dapat memiliki Hak Hukum atas tanah? atau perusahaan yang memakai badan hukum perusahaan lain?
    4. Boleh dong sy ikut serta….. ini sich tujuan utama pertanyaannya :)

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Oct 11, 2009 @ 17:23:18

      saya jawab ya pak dan saya juga menuliskan sedikit tentang hal ini di http://rawiwahyudiono.wordpress.com/2009/10/11/sharing-property-plus-di-property-club-bekasi-road-to-villa-tda-part-1/

      1. 3 lokasi tidak layak karena ada perhitungan berdasarkan itung2-an developer yang berdasarkan kepada peraturan pemda, harga tanah, harga rumah sekitar, dll. Soal 1 tanah yang dipilih, itu bukan tujuan tetapi hanya sebagai patokan saja bahwa yangharus dikumpulkan jumlahnya sekian dan tanah ini masih panjang juga ceritanya jika memang harus dibeli. Masih ada peluang lokasi tanah yang lainnya.

      2. Peserta seharusnya 100 orang tetapi ternyata yang ikut cuma 83 orang. Jumlah mobil 23 karena yang lainnya nebeng.
      Perhitungan komitmen tidak dibagi rata tetapi dibagi sesuai kemapuan dan ada rumus sendiri yang membuat hasilnya jadi adil, tidak berdasarkan prosentase. yang setor 1 juta dan 50 juta nanti pembagian akhirnya bisa rata setelah dihitung dengan adil.
      Caranya bagaimana kok bisa punya komitmen..?? saya sendiri juga tidak tahu pak, hal ini bisa dirasakan jika ikut workshopnya. saya juga sudah tuliskan di postingan terbaru yang ada diatas.
      3. Perusahaannya berbadan hukum dan wajib, nanti kita di support oleh Property Plus. Panjang lebar jelasinnya pak, yang gampang, cari komunitas EU di surabaya terus tanyakan tentang hal ini, pastinya mereka tahu.
      Workshop Property plus di jakarta yang ngadakan dari JAKEC jadi banyak anak-anak EU.

      Pak bambang memang jalan terus di seluruh kota di indonesia, untuk wilayah surabaya mestinya sudah ada, coba aja dilacak pak dan pastikan ikutan workshopnya, orangnya gila-gila semua…hahahahaha

      Reply

      • katiebond
        Sep 26, 2011 @ 08:06:53

        assalamualaikum Wr.Wb
        kepada bapak Rawi Wahyudiono
        dengan ini saya sampaikan informasi kepada bapak bahwa kami ingin menyampaikan tentang penjualan lahan/tanah atau dengan kerjasama bagi bangun perumahan.
        lokasi lahan/tanah yang kami punya pada saat ini sedang dalam massa Pemekaran pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau dalam arti, dekat kampus, sudah banyak Ruko2 yang dibangun, maupun perumahan-perumahan, dan sebagai jalur transportasi yang ramai.
        adapun Luas Tanah seluruhnya 5,5 Hektar yang terletak di daerah Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau.
        semoga dengan iformasi saya ini bapak bisa langsung keLokasi kami.
        penerbangan pesawat: Tanjngpinang-Jakarta / Jakarta- Tanjungpinang ada tiap hari.
        semoga informasi saya bisa diterima dengan baik dan bisa dipertimbangkan, akhir kata saya mengucapkan terima kasih.
        wassalamualaikum wr.wb.

        contact person: Katie(saya sebagai anak dari pemilik Tanah) 081270999080

    • iki
      Apr 04, 2010 @ 08:28:00

      ass.salam kenal buat pak rawi dan smua teman yang sudah bermain di sini tau pun yang baru mau bergabung, dari semua yang sy baca di atas masuk akal dan bs d mengerti pun bs di tindak lanjuti pa pun masalahnya minumnya sosro kta iklan ya pnting kita fokus dan sama bertanggung jwb dngan bagiannya masing2,. saya ingin sekali tahu lebih banyak lagi mohon petujuknya,. dan buat rika preyudi irawan salam kenal,. saya dari lampung juga, mungkin suatu saat kita bisa jadi time yang kuat,. kalau tidak keberatan bisa kita ketemu, no kntek saya.08994283777 dari jj

      Reply

  2. Trackback: Sharing Property Plus di Property Club Bekasi – Road to Villa TDA part 1 « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  3. Trackback: Public Blog Kompasiana» Blog Archive » Sharing Property Plus di Property Club Bekasi – Road to Villa TDA part 1
  4. Trackback: Saya butuh cewek lagi…!!! « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  5. Trackback: Pelajaran dari tanah 3000m di Jatiasih Bekasi… | bloggerbekasi.com
  6. aria
    Nov 09, 2009 @ 23:28:16

    kalau dilihat ikutan workshop property plus ada manfaatnya gak pak. saya pernah buat projek rumah di jatiasih, tapi terus terang agak lambat.

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Nov 10, 2009 @ 15:20:40

      Property plus buat aku sangat bermanfaat sekali. Bisa nambah temen, relasi, project dan macem-macem.

      Project rumah di jatiasih di sebelah mana.? saya juga lagi nawar beberapa tanah di jatiasih. Lambatnya karena apa mas..??

      Reply

      • Andri
        Oct 10, 2013 @ 21:25:32

        Di Jual Tanah 3142m2 jl.parung serab tirtajaya.Minat hubungi kami pihak pertama 0856-93293273 posisi dekat dengan kota kembang depok/GDC 1jt/mtr,jual cepat karna sudah ada tawaran untuk kami.Terima Kasih

  7. Trackback: Peresmian kantor property baru bersama ustad “sedekah” Yusuf Manyur « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  8. satria
    Nov 25, 2009 @ 07:32:05

    jujur saat mengikuti seminar saya sangat berminat untuk ikut workshop, tapi sayangnya jadwal workshop pp bentrok dengan jadwal yang sudah saya sepakati sebelumnya dengan orang lain.. yang mau saya tanyakan seandainya pak rawi bisa bantu saya, saya butuh info kapan diadakan workshop lagi dan di kota mana, saya mau ikut.. atau bisakah saya menyusul bergabung dan ikut belajar di pp tanpa ikut workshop awal, kalau bisa apa syaratnya.. trimakasih sebelumnya pak rawi

    Reply

    • rawi
      Nov 26, 2009 @ 01:15:09

      seminar akan diadakan lagi pada tanggal 5-6 desember di bekasi. Lokasi tepatnya masih dicari, kemungkinan di hotel horison.
      Kalau ingin bergabung di workshop property plus sangat bisa sekali karena di PP membutuhkan orang yang banyak agar bisa cepet untuk membangun proyek perumahan.
      Saat ini yang sedang ditawar ada di sekitar cikarang.
      Syaratnya cuma harus ikut workshop aja baru bisa bergabung di PP. Workshop kemungkinan tanggal 13-des

      Reply

  9. Wahyu Hidayat
    Dec 03, 2009 @ 23:16:23

    Menjadi developer property memiliki tantangan tersendiri, salah satu rekan saya di Depok sudah mulai memcoba gurihnya menjadi developer, dimulai dengan mencari tanah, lalu menyiapkan promosi, perhitungan untung rugi dan harga rumah per unitnya hingga mengurus peraturan dan perizinan. Salah satu yang masih menjadi htantangan adalah pengurusan perizinan itu lho, ampun pak bisa berbulan-bulan, teman saya yang didepok mengurus sejak bulan Juni sampai sekarang bulan Nopember belum siap juga, sementara tanah sudah di beli dan promosi sudah berjalan.. memang jangan kita jadikan itu sebagai hambatan, jadikan sebagai tantangan. TDA bisa, pasti dan sukses

    Reply

  10. rawi
    Dec 04, 2009 @ 05:40:57

    betul mas, semua pekerjaan pasti ada hambatannya apalagi property yang marginnya milyaran pasti hambatannya juga milyaran “kesulitannya”.
    Yang penting jalan terus pantang menyerah, lama-lama juga ketemu

    Reply

  11. Hilman Nur Hidayat
    Dec 10, 2009 @ 17:21:10

    Assalammualaikum,

    wah saya jadi tertarik dan tergerak nih mo ikutan.Kalo ikut workshopnya bayar berapa ya?.. terus kalo kita langsung berpartisipasi itu butuh duit berapa banyak?.
    Maklum ketersediaan dananya juga juga belum berlebih. Mohon saran dan masukannya dong..

    Reply

  12. rawi
    Dec 12, 2009 @ 11:28:28

    seminarnya gratis dan workshop biasanya bayar 2jt-an. Habis itu di property plus langsung action dengan pencarian lokasi tanah dan kantor buat developer.

    Soal dananya tergantung dari masing2 individu yang tentu saja ber-efek dengan kemampuan dan kecepatan pembelian tanah/lahan

    Reply

  13. nungki
    Dec 30, 2009 @ 15:29:25

    ass. pak rawi ,proyeknya dah jalan blum?brapa %? saya alumni PP2. kalo saya pikir materinya kurang bagus pak, karena developer urusannya bukan tanah aja, tapi teknik,perbankan-keuangan dan marketingnya ga dibahas.

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Jan 10, 2010 @ 12:07:54

      salamkenal mas nungki, saat ini PP1 jakarta sedang menggarap di daerah cimanggis, sedang proses di tanah. PP Bekasi juga sedang mencari tanah yang cocok, sudah ada lokasi yang bisa dijalankan di daerah bintara kalimalang.

      Unt5uk tahap awal memang yangdibicarakn adalah soal tanah dan untuk yang lainnya itu sambil jalan di lapangan setelah mengalami masalah

      Reply

  14. Trackback: Detilnya resolusi 2010 dari tukang becak « Bisnis – Sosial – Gaya Hidup
  15. sutimin
    Jan 09, 2010 @ 16:20:01

    salam kenal dari studio kumeli, buat seluruh warga Jakarta, Bekasi, Depok
    yang memerlukan jasa pembuatan design grafis apapun baik,
    – Brosur,
    – Spanduk
    – Reklame
    – cetak digital
    – Arsitek rumah
    – Animasi 3 Dimensi/ 2 dimensi
    – Iklan TV
    – Editting
    – Tranfer VCD/DVD
    dan yang ingin belajar melukis baik SD, SMP, SMU dan umum silahkan kunjungi
    situs kami di Http//sanggarlukiskumeli.blogspot.com/email
    di studiokumeli@gmail.com

    Kami siap antar jemput order anda ke kami dan harga pasti lebih murah dari
    yang lain.

    Informasi hubungi ke 021 88390553

    Reply

  16. Iqbal
    Jan 25, 2010 @ 05:16:40

    Pak Rawi, sy suka dengan bagian yg ini

    “Ada kegiatan menarik khas “orang gila” ini yaitu sewaktu jam 11 malam pak Bambang (mentor) menawarkan untuk melihat 4 lokasi tanah yang ditawarkan malam itu juga dan semua peserta mengiyakan tanpa ada penolakan maka jadilah malam itu semua beriringan 23 mobil menuju ke lokasi tujuan.”

    Sy suka cara kerja yg eksentrik gitu :D

    Reply

  17. Roni
    Feb 08, 2010 @ 15:07:21

    Salam kenal pak Rawi,, Saya Roni kebetulan saya salahseorang peserta workshop pp di Cirebon. setelah mengikuti workshop keinginan saya begutu menggebu-gebu, mendengar cerita-cerita pak Bambang yang sangat “menggoda”. saat itu juga ada pengumpulan dana yang lumayan banyak dari para peserta workshop (termasuk saya), begitu besar keinginan saya untuk merubah nasib yang sedang terpuruk, karena usaha saya sebelumnya mengalami kemunduran dan nyaris bangkrut. namun saat ini impian itu sepertinya sulit untuk terwujud karena perumahan yang akan di “mentori” oleh pp tidak juga terwujud dan nasib uang kami yang sudah terkumpul pun menjadi tidak jelas pertanggung jawabannya. (semua saling lempar tanggungjawab) sebetulnya saya hanya ingin ada kejelasan dari pihak pp tentang keadaan ini dan bagaimana solusinya? pertanyaan saya pak Rawi, apakah rencana perumahan di tempat bapak sudah berjalan? bagaimana aturan mainnya? siapa yang berhak menentukan suatu keputusan karena kami berbanyak orang, saya tidak ingin menggantungkan nasib saya pada sebagian orang sedangkan saya juga seorang penanam modal walau tidak besar. bagaimana bila laku seperti di pp bogor?
    terus terang saya sangat kecewa dengan hal ini, seharusnya pp bertanggungjawab atas keadaan ini, dan mencarikan solusinya. demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang lain agar lebih selektif dalam beinvestasi. wassalam…

    Reply

  18. Roni
    Feb 08, 2010 @ 15:07:58

    Salam kenal pak Rawi,, Saya Roni kebetulan saya salahseorang peserta workshop pp di Cirebon. setelah mengikuti workshop keinginan saya begutu menggebu-gebu, mendengar cerita-cerita pak Bambang yang sangat “menggoda”. saat itu juga ada pengumpulan dana yang lumayan banyak dari para peserta workshop (termasuk saya), begitu besar keinginan saya untuk merubah nasib yang sedang terpuruk, karena usaha saya sebelumnya mengalami kemunduran dan nyaris bangkrut. namun saat ini impian itu sepertinya sulit untuk terwujud karena perumahan yang akan di “mentori” oleh pp tidak juga terwujud dan nasib uang kami yang sudah terkumpul pun menjadi tidak jelas pertanggung jawabannya. (semua saling lempar tanggungjawab) sebetulnya saya hanya ingin ada kejelasan dari pihak pp tentang keadaan ini dan bagaimana solusinya? pertanyaan saya pak Rawi, apakah rencana perumahan di tempat bapak sudah berjalan? bagaimana aturan mainnya? siapa yang berhak menentukan suatu keputusan karena kami berbanyak orang, saya tidak ingin menggantungkan nasib saya pada sebagian orang sedangkan saya juga seorang penanam modal walau tidak besar. bagaimana bila seperti di pp bogor?
    terus terang saya sangat kecewa dengan hal ini, seharusnya pp bertanggungjawab atas keadaan ini, dan mencarikan solusinya. demikian sedikit pengalaman saya, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang lain agar lebih selektif dalam beinvestasi. wassalam…

    Reply

    • rawiwahyudiono
      Feb 14, 2010 @ 16:13:12

      terima kasih pak roni, bapak masuk PP mana pak..?? dari situ nanti bisa ketahuan siapa leadernya.
      Buat saya pribadi permasalahan yang timbul seperti ini adalah sebagai bumbu dalam ber-usaha, memang sebaiknya kita mengahrapkan hasil yang sesuai dengan harapan tetapi dalam perjalannya selalu ada saja faktor penghambatnya.

      Di bekasi masih jalan biarpun ada kendala juga tetapi yang lebih penting lagi buat saya adalah saya mendapatkan networking yang tidak mungkin saya dapatkan kalau tidak ikut bergabung.

      itu dulu pak dari saya dan jika ada pertanyaan lagi bisa hub saya langsung

      Reply

  19. Roni
    Feb 08, 2010 @ 15:11:13

    maaf double post, akibat akses yang lambat. mohon yang pertama di delete saja pak Rawi, yang kedua ada sedikit edit. terimakasih.

    Reply

  20. gogo
    Feb 13, 2010 @ 13:17:53

    mantap!!

    Reply

  21. anthonyus
    Mar 01, 2010 @ 02:21:33

    tgl 3 maret akan ada seminar dan tgl 6 workshop di jkt.saya mau ikuti.tp sy tdk mau mengalami sprt pak roni.
    pak rawi punya ide?

    Reply

  22. rika prayudi irawan
    Mar 14, 2010 @ 15:58:39

    ass… salam kenal pak rawi, saya rika dr PP Lampung1, kami di lampung sdg dalam proses pencarian lokasi tanah, kendala yg kami hadapi kawan2 semakin lama semakin kehilangan semangatnya, sepertinya sulit unt mewujudkan project ini, bagaimana resepnya agar semangat terpompa kembali seperti saat workshop. Pihak PP pun semakin lama seperti tidak memberi support lg seperti awal2nya, pd saat awal selesai workshop plg tdk saya srg menerima SMS motivasi serta SMS yg berbentuk arahan, tp sekarang sdh tidak lagi, pdhl justru kami sangat butuh motivasi & arahana tsb sbg bentuk perhatian trhdp kami, mudah2an bpk bisa memberi advice kpd kami komunitas PP Lampung1, trima ksh wss…

    Reply

  23. rawiwahyudiono
    Apr 04, 2010 @ 16:57:33

    sekalian buat jawab pertanyaan yang lainnya.
    Bisnis di property itu tidak segampang aopa yang orang bilang dan bisnis ini membutuhkan “pengorbanan” yang tidak sedikit. Perlu banyak ilmu untukmewujudkannya.

    Di bisnis ini posisi kita adalah sebagai investor, artinya kita harus siap dengan segala resiko yang timbul dalam upaya untuk memajukan bisnis property ini.

    Anggap saja ini adalah sebuah proses untuk mendapatkan yang lebih baik dan jika di tengah perjalanan menemukan hambatan, lebih baik dibicarakan juga dengan kawan-kawan yang lain untuk menemukan jalan keluarnya.

    yang lebih penting lagi adalah…. tetap semangat

    Reply

  24. iki
    Apr 08, 2010 @ 02:57:26

    pak pie arep gabung di sini

    Reply

  25. iki
    Apr 13, 2010 @ 05:08:31

    pak saya muhammad riadi dari bandarlampung saya mau tanya ,saya ada lahan 3ha dipinggir jalan saya mau buat doom/lapangan footsal pertokoan dan perumahan bpk bisa bantu saya buat ini pak,. bisa kntek saya di 08994283777 tau muhammadriadi@ymail.com

    Reply

  26. Mirza Sharz
    Apr 19, 2010 @ 14:40:07

    Salam kenal pak dan selamat saya ucapkan atas keberhasilan pak Rawi meraih dari TDA. Melalui form komentar ini saya mau menawarkan sebidang tanah dengan luas 750 m² yang berlokasi di desa Tamanjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten. Lokasi tanah sangat strategis karena berada di pinggir pantai, menghadap ke jalan dan berhadapan dengan tourist information center / kantor jagawana unit Tamanjaya.
    Karena berada di pinggir jalan yang selalu dilewati wisatawan maupun warga setempat, tanah tsb sangat cocok untuk dibuat Villa, Penginapan/Guest house, warung sembako, warung BBM atau sarang walet sekalipun. Harga yang saya tawarkan mulai Rp. 40 juta (boleh ditawar)
    Untuk yang berminat mohon menghubungi saya melalui email ke ujungkulon@mail.com atau melalui telepon ke +6285920767999.
    Itu saja pak Rawi, terimakasih sebelumnya atas penayangan komentar ini.

    Reply

  27. Dian Herdiana
    Nov 16, 2010 @ 07:17:42

    Apa kabar semua…Selamat bagi semua dengan terbentuknya.. perusaahaan anda. Melalui form komentar ini saya ingin menawarkansebidang tanah dengan luas +- 20 Ha. .Lokasi di Kota Bandung, Lokasi tanah yang bagus untuk perumahan. Saya Tawrkan mulai Rp. 3 Juta per M2 (Nego). Adapun Milik teman saya +- 30 H di Kabupaten Bandung lokasi sangat strategis haraga mulai Rp. 500 ribu per m2
    Untuk yang berminat mohon dihubungi ke e-mail saya vacdian_guru@yahoo.co.id
    atau no Hp. (022)75459127, atau melalui FB Schatzi Dian.
    Terima Kasih atas perhatiannya.

    Reply

  28. Adonis
    Jan 06, 2011 @ 08:24:24

    selamat kepada pak Rawi semoga sukses selalu. perkenalkan nama saya Adonis mahasiswa semester 7 teknik sipil. saya mau mengajak bekerja sama dengan bapak terutama dalam pengembangan properti baik itu perumahan maupun lain sebagainya.Untuk lokasinya berada di sragen tepatnya di sumberlawang. disana masih banyak lahan kosong dan ditanami pohon jati.ada rencana saya menjadikannya sebagai “WISATA ALAM SRAGEN” dimana arah pengembangannya selain sebagai objek wisata juga sebagai pelestarian alam, perumahan, dll. untuk sementara saya diberikan kepercayaan kepada lurah setempat untuk menjual tanahnya seluas 7000 m2 dengan harga 1M (NEGO) lokasi tanah berada di pinggir jalan solo-purwodadi. namun apabila berkehendak lahan yang lain etapi masih di kawasan sumberlawang insya allah saya bisa mencarikan.apabila ada kertarikan dari penawaran yang saya ajukan bisa menghubungi saya di emial/FB donis.donizhia@yahoo.co.id
    .

    Reply

  29. budi
    Feb 09, 2011 @ 14:48:05

    semangat si semangat…..tapi dalam sebuah bisnis atau investasi sebaiknya di analisa dulu apakah bisnis komunitas jejaring yang di gunakan menjaga hak setiap anggotanya ataukah hanya sebagian pihak aja yang akan diuntungkan.
    ……fair play…..

    Reply

  30. Juan
    Jul 30, 2011 @ 21:07:55

    salam sejahtera & sukses kepada pak Rawi. perkenalkan nama saya Juan mahasiswa semester 7 teknik sipil. kegiatan extra saya magang di developer – developer tradisional sebagai perencana , pengawas & pengedalian. jujur saja saya tertarik ketika membaca testimonalnya, apakah ada kesempatan saya untuk gabung bersama PP bandung?? bagaimana caranya? insya allah saya bisa memberikan konstribusi terbaik bagi property yang akan dijalani bersama

    Salam Sejahera
    Juan Faizal Ridwan

    Reply

  31. darma
    Aug 18, 2011 @ 16:24:50

    info sedikit yah,,bagi para kontraktor atau perusahaan developer yg membutuhkan tiang lampu pju maupun antik dapat menghubungi PT Indalux Enterprindo di no 5656606-5640507 fax 5669095 Hp 08158170132 (Darma Admaja).
    tks… :-)

    Reply

  32. Belajar Bisnis Developer Property
    Sep 01, 2011 @ 15:32:32

    Sharing yang inspiratif. Inilah yang dinamakan bisnis otak kanan, tanpa perlu basa basi, langsung Action dan Praktek. Saya sampai sekarang juga masih belajar bisnis property. Mungkin teman-teman yang belum mengikuti workshop, bisa belajar bareng di ebook bagaimana menjadi developer property di http://developer-property.com.
    Disini dibahas mulai dari cara melakukan negosiasi, analisa tanah hingga serah terima bangunan. Plus Bonus Software dan Materi Surat perjanjian property. Pokoknya Recommended Ebook deh!.

    Reply

  33. jos
    Sep 16, 2011 @ 18:31:07

    dari artikel yang saya baca diatas, ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, dan butuh kemampuan yang benar2 paham dalam mencari dan meneliti lokasi yang akan di cari atau di jadikan tempat. salut saya pak….
    dan saya harus bisa seperti bapak…
    trimakasi atas infonya…

    Reply

  34. Elang Wirarajanegara
    Nov 11, 2011 @ 01:13:20

    Program Penipuan berkedok Pelatihan MENJADI PENGUSAHA DEVELOPER.
    Property Plus Indonesia dipimpin Bambang Ifnu, seperti halnya seminar2 lain yg saya ikutin, tidak semua peserta seminar sukses. Hanya 0% atau mungkin kurang dari katakan 0 Angkatan saya, katakan 40 peserta waktu itu, yang berhasil menerapkan ilmunya.
    Sedangkan yg 100% tidak jelas mau kemana, tidak bisa action dan tidak bisa langsung dapat duit.

    Dan saya termasuk yang kecewa.

    Di awal memang saya sudah menyadari, dengan mengikuti seminar seharga 3 juta ini saya punya potensi resiko gagal atau berhasil. Tapi saya tertarik karena dia bilang yang tidak berpengalaman PUN bisa berhasil, lalu ya tidak ada salahnya saya mengurangi uang modal untuk usaha saya.

    Reply

  35. evan
    Jan 25, 2012 @ 04:03:25

    assalamualaikum……pa rawi sy ada lahan di bdg cocok sekali untuk bisnis property….lahan berjarak 10 mnt dr tol buah batu bdg…ada 2,6 hektar…dan di kelilingi komplek perumahan yg sdah ada..(evan.082120026474)thx

    Reply

  36. Taufik Kurniawan
    Jan 29, 2012 @ 10:38:00

    mantaaaapzz,…..

    Reply

  37. amin
    Feb 11, 2012 @ 18:08:03

    Pengen Suksess……!!!!!!!
    di Dunia dan di Akherat.

    Reply

    • amin dari kota Demak ujung kulon
      Feb 11, 2012 @ 18:13:49

      Pak Wahyu, saya pengen sekali menjadi pengusaha.
      mohon bimbingannya, thank.

      Reply

  38. hendy m dayan
    Mar 08, 2012 @ 08:44:44

    Kisahnya menarik dan sangat menginspirasi,. Bagi saya yang baru memulai usaha property kisah ini membuat saya mempunyai semangat baru,. Tks n sukses sllu buat Bapak,.

    Reply

  39. aroman gobel
    Mar 24, 2012 @ 15:37:43

    ass pak…sya trtarik dengan kiat yg bapak lakukan…langsung sja pak….sya punya tanah sekarng dgn luas 2,6 hektare di daerah prov banten rencananya sy mau bangun perumahan dan ruko…kira2 apa yg bisa sy lakukan dengn bapak untuk bisa merealisasikan rencana tersebut…tq..ini no sy 085285473817

    Reply

  40. Ferry
    May 22, 2012 @ 06:32:04

    Hi Pak Rawi ,

    Senang membaca semua artikel bapak.
    Oh ya , saya ada kebun sawit di jambi milik orang tua saya , mohon bantuanya bagaimana membuat perkebunan saya tersebut berhasil baik dan dapat berguna buat semua orang. Kondisi sekarang belum semua tertanam dan saya masih kekurangan modal untuk menanam semua.

    Salam hangat.
    Ferry.

    Reply

  41. Moh. Helmi
    Jun 05, 2012 @ 06:11:42

    sangat inspiratif dan menggubah semangat entreprenuer.
    Sukses selalu untuk pak Rawi

    salam
    http://uangdownload.com/15377 | http://betterarchive.com

    Reply

  42. muhamad riva'i
    Oct 19, 2012 @ 07:38:57

    Salam untuk semua
    BIsnis properti khususnya menjadi develover tidak semudah yang dikatakan oleh beberapa orang yang pernah ikut pelatihan menjadi seorang develover perumahan/ruko atau yang lainnya.
    Selain keberanian, mental, masih banyak yang kita persiapkan termasuk pengetahuan-pengetahuan tentang teknik civil serta perencanaan project.
    Saran saya lebih baik bergabung dulu dengan senior-senior yang telah sukses duluan, sambil kita pelajari kendala-kendala yang akan timbul pada saat kita terjuan ke dunia develover ( punya perusahaan sendiri).Buatlah analisa-analisa yang sederhana tentang project tersebut,,,,,dan Lakukan,,,,lakukan,,,lakukan
    Salam sukses

    Reply

  43. muhamad riva'i
    Oct 19, 2012 @ 07:55:21

    Salam kenal Pak Rawi
    Membaca komentar-komentar saya sangat setuju,,,,,sederhana dan selalau support terus ke temen-temen yang lagi memulain terjun ke dunia develover properti,Saya belum pernah ikut workshop atau sejenisnya tentang develover,Saran saya alangkah baiknya jika workshop/sejenisnya,,,dibuat kurikulum yang materinya mempunyai tahapan-tahapan.
    Tahapan-tahapan tersebut harus senergi dengan tahapan materi selanjutnya. Dan yang lebih penting lagi dibuat semacam bentuk wadah konsultasi yang bisa memberikan arahan kepada temen-temen yang lagi memulai terjun kedunia develover setiap saat.
    akhir tulisan ini, mohon koreksi dari bapak atas saran ini,agar kita sama-sama sukses
    Salam Sukses

    Reply

  44. anton
    Jul 01, 2013 @ 01:14:04

    selamat pgi pa
    saya jg alumi properti plus pak. saat ini sy melakukan action pertama di properti saya ada lahan di daerah bedahan sawangan depok seluas 1500m2 & 1400m2, tp saya bingung mau kerjakan seperti apa,mohon dibantu pak, trm ksh

    Reply

  45. marcus
    Aug 19, 2013 @ 10:01:35

    Salam kenal pak Rawi,
    membaca komentar komentar dari temen-temen membuat saya tertarik juga untuk mengawali, saya sudah 10 thn kerja di developer, inginnya mau berlatih membuat developer kecil@an dulu semacam town house gitu, mhn arahannya, tks

    Reply

  46. Andri
    Oct 10, 2013 @ 21:26:14

    Di Jual Tanah 3142m2 jl.parung serab tirtajaya.Minat hubungi kami pihak pertama 0856-93293273 posisi dekat dengan kota kembang depok/GDC 1jt/mtr,jual cepat karna sudah ada tawaran untuk kami.Terima Kasih

    Reply

  47. Agus Prijanto
    Feb 20, 2014 @ 11:11:53

    Saya juga alumni property plus , utk wilayah surabaya akan di adakan workshop developer property tgl 21-23 Maret 2014…
    untuk jadi developer property tidak harus punya proyek besar, bisa di mulai dari 1 – 2 unit rumah dulu…

    Reply

  48. Agung Wijaya
    Mar 22, 2014 @ 06:42:31

    Salam Sejahterah dn salam sukses untk Pak Rawi..
    Perkenalakan nama sy Agung dri Jambi. Berkaitan dgn ini sy ingin menyampaikan pesan untk Bpak/Ibu investor apabila ingin mencari Lahan/Tanah guna Investasi atau bangun Usaha Perumahan, Perhotelan, Apartemen, Mall, Supermarket, Dialer, Restaurant dll.khususnya untuk daerah dalam Kotamadya JAMBI bisa menghubungi sya selaku agent independent/Mediator Tanah yg tentunya banyak memegang lahan Strategis dlm Kota yg hendak akan di jual.
    Untuk lahan perkebunan Sawit di atas 50-500 Ha jg ada. Demikian sy ucapkan byk Terima Kasih.
    CP: Agung Wijaya 0852 1150 6006

    Reply

  49. tikadinar
    Jun 29, 2014 @ 18:39:06

    Pak Rawi.. saya ada lahan yang ingin saya jual di wilayah depok -pangkalan jati -pondok labu , hanya 1 km dr tol jorr baru depok-cinere dan dari tatakoya depok akses jalan tanah ini akan menjadi jalan alternatif non tol menuju fatmawati , dengan luas tanah 1666 meter harga 3.5 juta permeter – nego. Barangkali bapak ingin mengambil tanah ini untuk di jadikan cluster atau town house, saya sudah ada site plan nya menjadi 9 unit rumah dengan luas tanah 120 meter. Saya bisa di kontak di no 081295288868. Tika. Teeima kasih sebelumnya.wss.

    Reply

  50. Nurul
    Sep 03, 2014 @ 17:03:01

    Pak kalo pemula yg belum pernah buat usaha apapun.. bs gak ikut gabung d property plus?

    Reply

  51. Wan
    Oct 17, 2014 @ 06:16:03

    Pak Rawi ke mana ya?
    Kok udah gak jawab lagi?
    Udah lupa ama blog nya kali ya?
    Hehehe…
    Becanda…

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 75 other followers

